Alpukat Raksasa dari Pohon Usia 78 Tahun Ini Beratnya Hampir 3 Kilogram!

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 30 Jan 2019 11:09 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Petani ini panen alpukat raksasa yang kabarnya bisa pecahkan rekor alpukat terbesar dunia. Karena alpukat yang ia tanam memiliki berat hampir 3 kilogram!

Minggu lalu, media lokal Hawaii, Aloha State mengabarkan bahwa petani Kona bernama Kenji Fukumitsu berhasil memanen sebuah alpukat jumbo yang bisa pecahkan Guinness World Record. Sebab alpukat itu memiliki berat sebesar 6 pound atau sekitar 2.7 kilogram lapor Fox News (30/1).

Alpukat Raksasa dari Pohon Usia 78 Tahun Ini Beratnya Hampir 3 Kilogram!Foto: Istimewa
Sedangkan rekor alpukat terbesar yang disahkan Guninness World Record America tahun lalu diberikan kepada alpukat milik Pamela Wang. Meski sama-sama dari Hawaii, saat itu alpukat milik Wang memiliki berat sebesar 5.23 pounds atau sekitar 2.3 kg.

Baca juga: Inikah Alpukat Paling Besar dan Berat di Dunia?

Hanya saja, meski alpukat milik Fukumitsu punya kesempatan besar untuk pecahkan Guinness World Record, ia agaknya mengurungkan niatnya untuk mendaftarkan diri ke ajang rekor dunia itu.

Sebab pihak Guinness World Record harus melihat alpukat milik Fukumitsu dan mengecek keaitentikannya. Menurut salah satu ahli di sebuah rumah sakit Hawaii, Dr. Joy McElroy proses autentikasi alpukat memakan waktu hingga tiga bulan. Sedangkan buah alpukat tidak dapat bertahan selama itu.

Alpukat Raksasa dari Pohon Usia 78 Tahun Ini Beratnya Hampir 3 Kilogram!Foto: Istimewa
"Kami menghubungi Guinness secara online. Masalahnya mereka harus meminta seseorang untuk melakukan autentikasi yang membutuhkan waktu 12 minggu. Nah, buah ini tidak akan bertahan selama 12 minggu," Dr. Joy McElroy kata, menurut UPI.

Fukumitsupun tak ambil pusing soal peresmian rekor itu. Ia juga tidak berharap bisa memenangkan suatu penghargan apapaun.

"Kami sama sekali tidak memikirkannya. Kami hanya mengambil, memakannya, dan beberapa kami jual," jelas Fukumitsu.

Dikutip dari West Hawaii Today (29/1), Fukumitsu mengklaim bahwa pohon berbuah bahwa alpukat unik ini sudah ada sejak tahun 1941. Pohon itu tumbuh di pertanian milik keluarganya di wilayah Holualoa. Saat ini, pohon tersebut dirawat oleh putra Fukumitsu, Milton.

Alpukat Raksasa dari Pohon Usia 78 Tahun Ini Beratnya Hampir 3 Kilogram!Foto: Istimewa
"Kami memiliki pohon-pohon ini selama perang, jadi itu tahun 1941 atau 42. G.I biasa mengambil serta memakannya dan mereka bilang itu enak," ungkapnya.

Hingga kini, Fukumitsu masih heran dan tidak tahu pasti mengapa pohon alpukat itu bisa menghasilkan alpukat berukuran jumbo.

Baca juga: Wow, Ini Penampakan 10 Buah dan Sayur Raksasa Terbesar di Dunia (dwa/odi)