Versi Mewah, Saus Tomat Ini Berbentuk Seperti Kaviar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 25 Jan 2019 10:55 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Saus tomat biasanya bertekstur cair sedikit kental, tapi yang ini berbeda. Heinz membuat saus tomat mewah dalam bentuk kaviar!

Dalam rangka ulang tahunnya yang ke-150, produsen saus tomat ternama di dunia Heinz memperkenalkan Tomato Ketchup Caviar yang mengundang penasaran banyak orang. Tampilannya mirip kaviar dengan bentuk bulatan mungil yang ditaruh dalam wadah istimewa.

Menikmati saus tomat pun jadi berbeda karena ketiga digigit, 'caviar' ini memberi sensasi pecah di mulut. Banyak orang terutama penggemar Heinz tak sabar mencicip produk ini.

Versi Mewah, Saus Tomat Ini Berbentuk Seperti KaviarFoto: Istimewa

Baca Juga: Populer di Amerika, Saus Tomat Ternyata Asli Asia

Sayangnya Tomato Ketchup Caviar hanya tersedia dalam jumlah terbatas. Heinz hanya akan memproduksi 150 buah saja untuk dipasarkan di Inggris. Mereka yang tertarik pun perlu mengikuti kompetisi di lama Facebook resmi perusahaan.

Dikutip dari Daily Mail (25/1), Heinz tak membeberkan proses pembuatan saus tomat unik ini. Namun sebuah video 'behind-the-scenes' memberikan sedikit petunjuk soal pembuatan Tomato Ketchup Caviar.

Seorang chef nampak hati-hati mengiris tomat segar yang juicy kemudian memasukkannya ke wajan. Chef lalu menambahkan minyak dan menaburi sedikit bumbu ke dalamnya.

Versi Mewah, Saus Tomat Ini Berbentuk Seperti KaviarFoto: Istimewa

Selanjutnya jus tomat ini perlahan dimasukkan ke wadah berisi cairan bening, kemungkinan mirip brine atau alat berisi air garam yang juga dipakai dalam proses pembuatan kaviar. Hasilnya saus tomat keluar dalam bentuk bulatan sempurna mirip mutiara yang bisa dipakai sebagai pelengkap hidangan.

Adapun Heinz diciptakan Henry J. Heinz yang menemukan formula tepat membuat saus tomat di tahun 1869. Ia kemudian menyajikan produknya dalam botol kaca bening untuk menujukkan kemurnian dan kualitas saus tomat buatannya.

Baca Juga: Wah! Perusahaan Saus Ini Keluarkan Saus Mayonnaise Campur Saus Tomat

(adr/odi)