Politisi Thailand Jamu Wisatawan China dengan 5 Ton Mango Sticky Rice

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 22 Jan 2019 10:26 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Wakil Perdana Menteri Thailand sajikan lima ton mango sticky rice pada 10.000 wisatawan China. Hal itu dilakukan guna menaikkan kunjungan wisatawan China ke Thailand.

Minggu lalu (20/2), ribuan wisatawan asal China pesta mango sticky rice di Impact Lakeside di Nonthaburi, Thailand. Lokasi seluas 150.000 meter persegi itu tampak dipenuhi oleh sebanyak 10.000 wisatwan.

Pemerintah Thailand Jamu Wisatawan China dengan 5 Ton Mango Sticky RiceFoto: Istimewa
Acara itu berhasil memecahkan Guinness World Record sebagai penyajian hidangan penutup khas Thailand terbesar yang dikenal dengan nama khao neeo mamuang lapor NextShark (21/1).

Baca juga: Nyam nyam... Gurih Legit Khao Niao Mamuang

Khao neeo mamuang merupakan nasi ketan dengan irisan buah mangga. Karena itu, hidangan penutup ini punya rasa yang mangga manis segar sekaligus memiliki tekstur legit dari penggunaan nasi ketan.

Pemerintah Thailand Jamu Wisatawan China dengan 5 Ton Mango Sticky RiceFoto: iStock
Dulunya, khao niao mamuang hanya disajikan di momen khusus dan spesial saja. Namun kini, pencuci mulut ini sering tersaji maupun banyak dijual dari kelas restoran hingga pinggir jalan.

Hidangan populer ini dimanfaatkan oleh Wakil Perdana Menteri Jenderal, Prawit Wongsuwan untuk mengambil hati wisatawan China. Sebab sebelumnya, tepatnya di bulan Juli 2018, puluhan wisatawan China hilang setelah kapal mereka tenggelam di perairan lepas pantai Phuket.

Pemerintah Thailand Jamu Wisatawan China dengan 5 Ton Mango Sticky RiceFoto: Istimewa
Saat itu, Wongsuwan sempat menyalahkan wisatawan China. Sebab ada fakta bahwa kapal naas itu merupakan kapal milik warga China.

"Kenapa itu ada hubungannya dengan industri pariwisata Thailand? Ini milik mereka. Perahu itu milik mereka. Mereka pergi melaut mengabaikan peringatan yang ada. Jadi itu bukan tanggung jawab kami. Itu milik mereka. Biarkan mereka memecahkan masalah itu," ujar Wongsuwan saat kejadian itu mencuat pada Shanghaiist.

Pemerintah Thailand Jamu Wisatawan China dengan 5 Ton Mango Sticky RiceFoto: Istimewa
Hal itu tentu menyinggung sebagian wisatawan China. Karenanya kunjungan wisatawan China ke Thailand turun drastis. Kini Wongsuwan bersama Majelis Legislatif Nasional dan Asosiasi Agen Perjalanan Thailand.
membuat acara bertajuk "We Care For You".

"Mengingat ada penurunan tajam wisatawan China ke Thailand, kami melakukan upaya untuk meningkatkan standar keselamatan negara berharap guna mengembalikan kepercayaan wisatawan China dan memberi tahu mereka bahwa Thailand peduli dengan mereka," jelas Pichit Kuandachakupt selaku ketua Komite Agama, Seni, Budaya dan Pariwisata Majelis Legislatif Nasional.

Pemerintah Thailand Jamu Wisatawan China dengan 5 Ton Mango Sticky RiceFoto: Istimewa
Dalam acara itu, pemerintah Thailand sengaja menyiapkan sebanyak 1,5 ton beras ketan dan 6.000 mangga asli Thailand, Nam Dok Mai. Semua hidangan penutup itu disiapkan untuk mengisi sebanyak 1.250 meja santap.

Selain mango sticky rice, para wisatawan juga disajikan tom yum kung, red lobster, pork ribs, mixed mushroom, bass laut goreng hingga green curry.

Selain jamuan makan malam, para tamu juga disuguhi beberapa pertunjukan dari Institut Seni Pertunjukan Bunditpatanasilpa dan seniman lokal, termasuk penyanyi Mimi Lee yang memenangkan kontes di Tiongkok.

Baca juga: 10 Dessert Enak yang Wajib Dicicip Saat Anda ke Thailand (dwa/lus)