Nyam nyam... Gurih Legit Khao Niao Mamuang

- detikFood Sabtu, 03 Nov 2012 11:01 WIB
Foto: www.deliciousfood4u.com
Jakarta - Dessert yang manis dan segar selalu menutup acara makan dengan sempurna. Seperti menu pencuci mulut khas Thailand ini. Memadukan nasi ketan yang legit enak dengan manis segarnya mangga. Perpaudan eksotik ini disukai banyak orang!

Di Thailand, khao niao mamuang atau nasi ketan dengan irisan mangga sangat populer. Paduan unik ini tak cuma disukai wisatawan yang datang, namun masyarakat lokalpun sering mengakhiri momen bersantapnya dengan makanan ini.

Dulunya, khao niao mamuang hanya disajikan di momen khusus dan spesial saja. Namun kini, pencuci mulut ini sering tersaji maupun banyak dijual dari kelas restoran hingga pinggir jalan. Warnanyapun memikat, ketan dan santan yang putih, dengan mangga yang kuning cerah.

Tak sulit untuk membuat khao niao mamuang ini. Bahan yang diperlukan adalah beras ketan, santan, gula, garam, juga irisan buah mangga dan biji wijen yang sudah disangrai sebagai pelengkap.

Untuk membuatnya, rendam ketan semalaman dengan santan encer. Setelah itu tiriskan dan beras ketan bisa langsung dikukus sekitar 25 menit hingga matang. Siapkan juga sausnya yang dibuat dari santan kental, gula dan garam yang direbus bersama.

Setelah siap, campurkan nasi ketan dan juga sausnya hingga rata. Sajikan di atas wadah dan berikan taburan biji wijen sangrai. Jangan lupa beri irisan mangga yang sudah matang. Khao niao mamuang yang legit segar bisa langsung dinikmati!


(flo/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com