Makanan Lokal Sehat

Nikmatnya Gonda, Gulma Padi yang Biasa Diolah Jadi Plecing Bali

Devi Setya - detikFood Minggu, 20 Jan 2019 16:05 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Makanan Lokal Sehat
Jakarta - Gulma tanaman ternyata tak selalu menyebalkan. Gonda misalnya, tanaman yang bisa diolah jadi makanan enak. Di Bali biasa disajikan dengan sambal plecing.

Tanaman ini dikenal dengan sebutan gondo di Bali, sementara di Jawa Tengah biasa disebut gundo dan di Jawa Barat terkenal dengan nama gunda. Para petani biasanya agak kesal saat tanaman ini tumbuh di sawahnya karena membuat pertumbuhan tanaman padi terganggu.

Nikmatnya Gonda, Gulma Padi yang Biasa Diolah Jadi Plecing Bali Foto: Istimewa

Baca juga : Daun Pegagan, Tanaman Liar yang Beri 5 Manfaat Kesehatan

Namun di tangan para ibu, tanaman ini justru bisa jadi santapan lezat. Sekilas tanaman ini persis seperti kangkung, tempat tumbuhnya juga di sawah atau rawa yang tergenang air.

Di Bali gonda jadi sayuran favorit. Rasanya yang enak membuat sayuran ini sering diolah jadi masakan. Salah satu yang favorit adalah disajikan dengan sambal plecing yang pedas nendang.

Tak hanya di Bali, di Jawa gonda juga populer jadi bahan campuran pecel. Bahkan masyarakat juga kerap mengolahnya dengan hanya dikukus lalu disantap dengan sambal.
Nikmatnya Gonda, Gulma Padi yang Biasa Diolah Jadi Plecing Bali Foto: Istimewa

Baca juga : Tak Kalah dengan Salad, Krenyes Segar Sayuran Pecel Juga Kaya Nutrisi

Karena memiliki nilai jual yang cukup menjanjikan, bahkan ada petani yang sengaja membuka lahan untuk ditanami pohon gonda.

Tak hanya enak, menurut penelitian yang dilakukan pada 2013 lalu, gonda mengandung banyak nutrisi mulai dari vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, kalsim dan pastinya tinggi klorofil. Dengan nutrisi ini gonda berpotensi menjadi makanan alternatif yang sehat dan enak. (dvs/lus)
FOKUS BERITA Makanan Lokal Sehat