Gara-gara Pola Makan Tak Sehat, 2.000 Batu Empedu Bersarang di Perut Wanita Ini

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 18 Jan 2019 13:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Seorang wanita di China harus menjalani operasi pengangkatan lebih dari 2.000 batu empedu di perutnya. Hal ini ternyata dipicu pola makan tidak sehat.

Wanita bernama Wang datang ke rumah sakit Guiyang di Provinsi Guizhou, China. Ia mengeluhkan rasa sakit di bagian perutnya. Setelah diperiksa, para dokter menemukan ribuan batu empedu kecil berkumpul di kantong empedunya yang membengkak.

Baca Juga: Ini Dia 5 Makanan Tinggi Lemak, Tapi Sebenarnya Super Sehat Lho!
Gara-gara Pola Makan Tak Sehat, 2.000 Batu Empedu Bersarang di Perut Wanita IniFoto: Istimewa
Dikabarkan Daily Mail UK (16/01), penyebab membengkaknya kantung empedu ini karena Wang memiliki kolesterol yang tinggi yang dipicu pola makan tidak sehat. Ia sering menyantap makanan cepat saji, makanan berminyak, hingga berlemak.

Pasien ini juga sering tidak sarapan dan kurang minum air putih. Kondisi ini semakin diperparah karena setiap harinya Wang selalu tidur larut malam mengingat ia tidak memiliki pekerjaan. Gaya hidupnya yang tidak sehat selama 5 tahun ini, membuat kondisi kesehatannya menurun.

Rasa sakit di perut Wang awalnya ia kira hanya sakit biasa. Sehingga ia mengonsumsi obat sakit perut dan terkadang rasa sakit itu menghilang, namun selalu muncul kembali.
Gara-gara Pola Makan Tak Sehat, 2.000 Batu Empedu Bersarang di Perut Wanita IniFoto: Istimewa
Para dokter akhirnya memutuskan untuk menjalankan operasi pada Wang,dan mengeluarkan ribuan batu empedu dari gaya hidup yang tidak sehatnya. Setidaknya dibutuhkan waktu beberapa jam untuk menghitung jumlah batu empedu yang dikeluarkan dari perut Wang.

Kantung empedu sendiri berfungsi sebagai organ yang dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan. Endapan yang ada di kantong empedu merupakan kumpulan kolesterol dan kandungan lainnya yang berada terlalu lama di dalam kantong dan lama-lama mengeras.
Gara-gara Pola Makan Tak Sehat, 2.000 Batu Empedu Bersarang di Perut Wanita IniFoto: Istimewa

Orang-orang yang menderita penyakit ini biasanya akan mengalami rasa sakit yang berlebihan di bagian perut, demam, hingga penyakit kuning.

Baca Juga: 8 Makanan Berlemak Sehat Ini Bisa Cegah Kolesterol Tinggi dan Sehatkan Jantung (sob/adr)