Keracunan Miras, Pria Ini Sembuh Usai Konsumsi 15 Kaleng Bir

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 17 Jan 2019 09:15 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Seorang pria asal Vietnam mengalami keracunan minuman keras. Begitu berobat, pria itu sembuh lantaran sang dokter menyuruhnya untuk minum 15 kaleng bir.

Kasus keracunan minuman beralkohol memang banyak terjadi di Asia. Itu karena banyaknya minuman keras murah yang dijual bebas. Minuman tersebut rata-rata tidak dibuat menggunakan proses standar pembuatan miras. Sehingga miras yang dikonsumsi mudah terkontaminasi metanol.

Keracunan Miras, Pria Ini Sembuh Usai Konsumsi 15 Kaleng BirFoto: Foodbeast/Getty Images

Iniah yang menyebabkan banyak orang yang keracunan alkohol. Akhir Desember lalu, pria berusia 48 tahun di Vietnam Utara dikabarkan menjalani perawatan tak biasa untuk mengobati keracunan alkohol.

Awalnya, pria paruh baya itu tak sadarkan diri usai meminum minuman keras dalam jumlah banyak. Menurut kepala perawatan intensif RS Quang Tri, Le Van Lam, pria itu mengalami keracunan formaldehida akibat menelan metanol.

Baca juga: Keju Jadi Penyebab Keracunan 300 Anak di 50 Sekolah Ini

Keracunan Miras, Pria Ini Sembuh Usai Konsumsi 15 Kaleng BirFoto: iStock
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, minuman keras murah mudah terkontaminasi metanol. Untuk itu, dokter menyuruhnya untuk meminum bir.

Sebab keracunan metanol bisa diobati dengan pemberian etanol. Etanol merupakan sejenis alkohol yang ada pada bir. Nantinya, etanol akan mencegah metanol untuk dimetabolisme menjadi formaldehida yang berbahaya. Formaldehida sendiri bisa sebabkan kerusakan syaraf, kebutaan hingga kematian.

Pria tadi akhirnya mengikuti perintah sang dokter. Ia meminum sekaleng bir tiap satu jam sekali. Hingga pada akhirnya, ia sembuh usai meneguk bir ke 15.

Keracunan Miras, Pria Ini Sembuh Usai Konsumsi 15 Kaleng BirFoto: Istimewa
Menurut sang dokter, trik ini mencegah konversi metanol di dalam liver atau hati. Karena itu pihaknya menyuruh pasien mengonsumsi etanol untuk membuat alkohol normal. Setelahnya, metanol berbahaya bisa keluar melalui pernapasan dan diekskresikan dalam urin.

"Terapi dengan 15 kaleng bir memang tidak biasa, tetapi dipahami dengan baik. Mungkin rekan-rekan Vietnam tidak memiliki alkohol lain saat itu. Yang terpenting ialah terapi harus segera dimulai," jelas seorang dokter asal Universitas Freiburg, Jerman bernama Hans-Jörg Busch seperti dikutip News Article Insider (11/01).

Keracunan Miras, Pria Ini Sembuh Usai Konsumsi 15 Kaleng BirFoto: iStock/Metro
Melihat pernyatannya Hans-Jörg Busch, bisa jadi rumah sakit di Vietnam Utara itu sedang tak memiliki etanol medis. Sehingga penggunaan bir yang mengandung etanol diberikan pada pasien keracunan alkohol tersebut.

Meski pengobatannya terdengar unik, nyatanya hal ini lumrah di bidang medis.

Baca juga: Cegah Keracunan Makanan dengan Menghindari 8 Makanan Ini (dwa/odi)