Ternyata Ini Asal Usul Nama "Hot Dog" hingga "California Roll"

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 12 Jan 2019 08:28 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Nama makanan rupanya didapat dengan cara unik. Ada yang berawal karena ketidaksengajaan, namun ada pula yang merupakan kata plesetan. Apa saja makanan yang dimaksud?

Pernah berpikir kenapa hot dog dinamai 'hot dog' atau kentang goreng disebut 'French fries' padahal asalnya dari Belgia. MSN (10/1) merangkum fakta-fakta unik tentang nama makanan seperti berikut.

Baca Juga: 7 Nama Makanan Paling Sering Salah Diucapkan

1. French toast

Ternyata Ini Asal Usul Nama Foto: Istimewa

French toast punya nama lain "pain perdu" yang berarti "roti yang hilang." Nama ini merujuk pada bahan pembuatan French toast yaitu roti yang hampir basi. Ada banyak asal-usul nama French toast, namun kabarnya resep hidangan ini ada di buku masak Romawi abad ke-4.

Resep asli French toast ditulis dengan instruksi jelas. "Potong-poton roti putih, singkirkan pinggirannya, menjadi potongan besar yang direndam di susu dan telur kocok, panggang di minyak, beri topping madu dan sajikan." Meski terdengar sederhana, French toast kabarnya jadi sajian mewah zaman dulu karena bahan-bahan membuatnya yang mahal.

2. Club sandwich

Ternyata Ini Asal Usul Nama Foto: Istimewa

Tampilan club sandwich begitu khas dengan tusukan di tengah mengapit isian roti yaitu selada, daging ayam, dan bacon. Nama 'Club' pada sandwich ini disebut-sebut sebagai akronim 'Chicken, lettuce under bacon.' Bahan-bahan itu memang umum dijadikan isian club sandiwch.

Adalah The Saratoga Club House dan The Union Club di New York yang sama-sama mengklaim temukan menu ini sekitar tahun 1800. Nama menu ini muncul di beberapa buku masak dengan nama "Club-House Sandwich."

3. French fries

Ternyata Ini Asal Usul Nama Foto: Istimewa

Kentang goreng atau French fries bukan berasal dari Prancis. Sajian renyah gurih ini disebut-sebut berasal dari Belgia dan sudah ada sejak awal tahun 1600-an. Lalu mengapa ada kata French?

Kata 'French' rupanya disematkan para tentara Amerika yang sedang ada di Belgia pada masa Perang Dunia I. Mereka menyebut 'French' karena tentara Belgia yang juga ada di sana menggunakan bahasa Prancis untuk berkomunikasi. Sementara kata 'Fries' merujuk para proses pembuatan kentang yang digoreng.

4. S'mores

Ternyata Ini Asal Usul Nama Foto: Istimewa

S'mores yang legit manis diperkenalkan para pramuka perempuan Amerika Serikat di tahun 1920-an. Camilan ini terdiri dari biskuit graham cracker yang mengapit marshmallow.

Resep S'mores kabarnya muncul pertama kali tahun 1927, dalam buku berjudul "Tramping and Trailing with the Girl Scouts" yang dipublikasikan Girl Scouts. Dulu nama camilan ini adalah 'Some More' karena banyak konsumen suka dan menginginkannya lagi dan lagi. Perlahan kata 'S'more' pun muncul sebagai singkatan 'Some More.'

5. Hot dog

Ternyata Ini Asal Usul Nama Foto: Istimewa

Hot dog yang memadukan roti sandwich dengan isian sosis begitu populer di dunia. Di Jerman, sosis yang menjadi isiannya disebut "dachshund" atau "little-dog" yang mengingatkan orang Jerman akan bentuk anjing kecil memanjang mirip sosis.

Seseorang lalu melihat nama hot dog sebagai menu yang dijual penjaja makanan sekitar tahun 1901 di Jerman. Rupanya penjual tak bisa menyebut "dachshund" lalu menulisnya hanya dengan "hot dog." Teori lain menyebut nama hot dog adalah candaan untuk menyebut asal daging yang dipakai untuk membuat sosis.

6. Fettucine Alfredo

Ternyata Ini Asal Usul Nama Foto: Istimewa

Asal-usul nama pasta creamy ini sederhana, diambil dari pembuatnya Alfredo. Di tahun 1914 ia berusaha masak pasta untuk istrinya agar semangat makan saat hamil anak kedua. Ia menggunakan bahan seperti keju Parmigiano, mentega, dan heavy cream.

Rupanya sang istri sangat suka kreasi pasta itu. Alfredo yang memiliki restoran pun memasukkan pasta buatannya sebagai menu restoran. Fettucine Alfredo akhirnya terkenal hingga ke seluruh dunia.

7. California Roll

Ternyata Ini Asal Usul Nama Foto: Istimewa

Bukan dari Jepang, California Roll adalah kreasi sushi yang diciptakan di Amerika Serikat. Klaim yang umum ditemui adalah chef Ichiro Mashita di Tokyo Kaikan membuat menu ini saat bekerja untuk restoran Jepang di Los Angeles.

Karena tuna sulit didapat kala itu, Mashita memakai alpukat, dan kepiting untuk menghadirkan rasa seafood. Nama California pun dipilih karena ia saat itu berada di California.

Baca Juga: Hii Seram! 5 Makanan Ini Pakai Nama Setan

(adr/odi)