Wouw, Kuah Hot Pot Ini Diracik dengan Alpukat, Alkohol hingga Darah Babi!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 11 Jan 2019 15:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kuah hot pot biasanya berupa kaldu gurih, tapi 5 restoran ini berbeda. Ada yang memakai campuran alpukat, minuman alkohol, sampai darah babi.

Menyantap hot pot di 5 restoran Hong Kong dan China ini dijamin istimewa. Pilihan kuah dan isiannya sangat tak biasa. Cocok bagi para petualang makan. Apa saja ya kuah hot pot unik di 5 restoran itu? South China Morning Post (11/1) merangkum infonya sebagai berikut.

1. Alpukat organik

Wouw, Kuah Hot Pot Ini Diracik dengan Alpukat, Alkohol hingga Darah Babi!Foto: Istimewa

Di Strokes Hong Kong, pengunjung bisa cicip hot pot berkuah alpukat organik. Harganya HKD 108 atau sekitar Rp 193.000 dengan isian banyak sayur, jamur, dan tahu. Aroma khas alpukat tercium dari kuah hot pot berwarna hijau ini.

Sebagai penyeimbang rasa, pihak restoran menambahkan sedikit garam dan lada ke dalam kuah hot pot alpukat. Untuk primadona hot pot, pengunjung bisa pesan daging atau seafood. Selain kuah alpukat, Strokes Hong Kong juga menawarkan kuah hot pot rasa basil manis dan tomat.

2. Alkohol

Wouw, Kuah Hot Pot Ini Diracik dengan Alpukat, Alkohol hingga Darah Babi!Foto: Istimewa

Pencinta minuman alkohol bisa puaskan selera saat mampir ke The Drunken Pot. Sesuai namanya, restoran ini menyediakan hot pot yang bisa bikin mabuk karena mengandung minuman alkohol.

The Vagabond Pot, misalnya, terdiri dari 4 menu dengan kuah minuman alkohol. Mulai dari ikan dalam bir, daging ayam dalam wine China, kerang dalam sake, dan daging buntut dalam red wine. Harga sajian ini HKD 298 (Rp 534.000)

3. Stinky tofu dan dan darah babi

Wouw, Kuah Hot Pot Ini Diracik dengan Alpukat, Alkohol hingga Darah Babi!Foto: Istimewa

Kalau suka hot pot dengan kuah ekstrem, mampirlah ke 8Pots HK. Menu andalan di sini adalah kuah krim susu kari yang sering kali habis. Selain itu, restoran juga tawarkan kuah hot pot yang bikin Anda geleng-geleng kepala.

Kuah itu disebut 'stinky pot' karena mengeluarkan bau. Bahannya ada stinky tofu, pig's blood cake yang dibuat dari darah babi dan beras ketan, serta pudding darah babi. Semua itu adalah jajanan khas Taiwan. Oh ya, ada juga usus babi di dalam kuah hot pot. Mau coba?

Baca Juga: Ini 10 Fakta Hot Pot China yang Menarik untuk Diketahui

4. Isi perut hewan

Wouw, Kuah Hot Pot Ini Diracik dengan Alpukat, Alkohol hingga Darah Babi!Foto: Istimewa

Kalau biasanya primadona isian hot pot berupa daging sapi dan seafood, Xiao Yu Hotpot Restaurant menawarkan isi perut atau jeroan hewan. Tentunya bikin pengunjung jijik sekaligus penasaran.

Isiannya ada usus angsa, hati sapi segar, isi perut ikan, kaki bebek, dan babat daging sapi. Pilihan lainnya bermacam-macam organ babi seperti otak dan usus. Untuk mengakali bau atau rasa anyir, restoran membuat kuah hot pot dalam versi pedas berbahan lada Sichuan.

5. Matcha dan durian

Wouw, Kuah Hot Pot Ini Diracik dengan Alpukat, Alkohol hingga Darah Babi!Foto: Istimewa

Shanghai punya restoran Spice World yang juga terkenal dengan kuah hot pot unik. Yang paling terkenal adalah matcha (teh hijau) dan durian. Khusus untuk kuah matcha dibuat dengan campuran Oreo, boba hingga ubi jalar.

Sementara untuk durian yang dibuat dengan santan, daging buah durian, dan tak tanggung-tanggung kulit durian. Kaldu ini disebut cocok disandingkan dengan irisan daging sapi terutama jika dimakan dengan beberapa saus salah satunya minyak cabe.

Baca Juga: Bukan Kaldu, Hot Pot Ini Kuahnya Matcha dan Durian

(adr/odi)