Bukan Kaldu, Hot Pot Ini Kuahnya Matcha dan Durian

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 17 Des 2018 16:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kalau biasanya hot pot berisi kuah kaldu yang gurih, kali ini ada sajian hot pot yang baru. Dengan paduan kuah kental rasa matcha dan durian. Bagaimana sensasi rasanya?

Disebut juga sebagai Chinese fondue, hotpot ini jadi salah satu menu yang populer di China. Umumnya, hot pot berisi kaldu sapi atau ayam yang direbus dalam panci di tengah-tengah meja dengan pelengkap berupa lauk seperti lembaran daging hingga sayuran.

Bukan Kaldu, Hot Pot Ini Kuahnya Matcha dan DurianFoto: Istimewa

Dikutip dalam Worldofbuzz (16/12), baru-baru ini beredar sebuah cuplikan video di Facebook yang menunjukkan sajian hotpot unik. Hot pot dengan isian matcha dan durian sedang dipersiapkan. Banyak yang menyebut ini adalah salah satu dari tujuh keajaiban kuliner di dunia. Wow!

Baca juga: 6 Sajian Unik Durian! Dari McFlurry hingga Lobster Saus Durian

Dalam video tersebut, Anda dapat mengamati pelanggan menambahkan "bumbu" ke ke dalam kaldu yang berupa larutan matcha. Kuah hangat yang dibuat dari campuran matcha dicelupkan dengan Oreo, pearl hingga ubi jalar. Begitu banyak bumbu lezat yang ditambahkan untuk meningkatkan kompleksitas dan kedalaman rasa sup matcha ini.

Dalam proses pembuatannya disebutkan bahwa setelah ramuan hijau (bubuk matcha) di rebus hingga menjadi agak kental, bahan-bahan umum untuk hot pot seperti daging sapi dan ayam bisa ditambahkan.

Bukan Kaldu, Hot Pot Ini Kuahnya Matcha dan DurianFoto: Istimewa

Tidak hanya durian, ada juga kaldu durian. Kuah durian dibuat dengan santan, daging buahdurian dan bahkan tak tanggung-tanggung ditambahkan dengan kulit durian untuk menambahkan rasa. Kaldu ini disebut cocok disandingkan dengan irisan daging sapi terutama jika dimakan dengan beberapa saus rumahan salah satunya minyak cabe.

Disebut dalam Worldofbuzz, sajian hot pot ini sayangnya hanya tersedia di China.

Baca juga: Matcha White Wine, Paduan Unik Matcha dan Wine

(lus/odi)