Ini Teh Mate, Minuman yang Disukai Messi, Luis Suarez, dan Pesepakbola Dunia

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 11 Jan 2019 12:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak yang tak suka rasa pahit teh mate. Namun para bintang sepakbola dunia justru menyukainya. Tapi apa itu teh mate? Mengapa populer?

Argentina punya cara unik untuk menikmati teh yang disebut mate. Mate merupakan teh yang terbuat dari seduhan daun kering pohon yerba mate. Umumnya disajikan di dalam cangkir khusus dengan sedotan logam yang disebut bombilla.

Ini Teh Mate, Minuman yang Disukai Messi, Luis Suarez, dan Pesepakbola DuniaFoto: Getty Images
Bombilla sendiri memiliki fungsi yang cukup penting. Sebab daun yerba matenya diseduh langsung di dalam cangkir dan sengaja tidak disaring. Karenanya bombilla dibuat secara khusus agar bisa menyaring daun yerba mate tersebut.

Rasa teh mate ini memang pahit. Karena itu banyak pencinta kopi yang suka dengan teh ini. Menurut Goal (11/01), selain di Argentina, teh ini juga populer di Uruguay, Paraguay, Brazil, Syria hingga Lebanon.

Ini Teh Mate, Minuman yang Disukai Messi, Luis Suarez, dan Pesepakbola DuniaFoto: Getty Images
Di Potugal, teh mate dikenal dengan nama chimarrao sedangkan di Spanyol, teh ini lebih dikenal dengan nama cimarron. Meski dikenal di Argentina, kabarnya teh mate berasal dari wilayah Guarani dan Tupi di Amerika Selatan. Di sana, teh mate dijadikan minuman tradisional.

Sederet bintang sepakbola dunia seperti Luis Suarez, Messi, Antoine Griezmann, Sergio Aguero hingga Paul Pogba masuk dalam kategori pencinta teh mate.

Ini Teh Mate, Minuman yang Disukai Messi, Luis Suarez, dan Pesepakbola DuniaFoto: Istimewa
Bahkan striker handal, Sergio Aguero sering membagikan momennya saat menikmati teh mate di Instagram pribadinya.

Baca juga: Striker Handal, Sergio Aguero Ternyata Pecinta Teh Mate Sejati!

Bintang Juventus, Gonzalo Higuain juga membagikan momen sambil menikmati teh mate bersama Douglas Costa dan Rodrigo Bentancur sambil menonton film.

Ini Teh Mate, Minuman yang Disukai Messi, Luis Suarez, dan Pesepakbola DuniaFoto: Istimewa
Ragam manfaat kesehatan membuat teh mate begitu populer di kalangan pesepakbola dunia.

Sebagai minuman yang kaya kafein, teh ini dipercaya meningkatkan fokus, suasana hati serta bantu tingkatkan kualitas tidur.

Selain itu, antioksidan polifenol yang ada bisa dijadikan sebagai asupan yang bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Teh mate juga mengandung vitamin B dan C. Keduanya penting untuk metabolisme dan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Pencinta Teh? Ini 8 Jenis Teh yang Populer Diminum di Dunia (dwa/odi)