Kreatif! Warga Tapanuli Tengah Manfaatkan Batang Pisang Untuk Cuci Piring

Devi Setya - detikFood Kamis, 03 Jan 2019 19:15 WIB
Foto: YouTube Foto: YouTube
Jakarta - Saat banyak orang mengandalkan sabun cuci piring untuk membuat piring bersih kinclong, warga Tapanuli Tengah justru menggunakan batang pisang. Kreatif!

Lewat sebuah unggahan video di YouTube, bisa disaksikan beberapa orang sibuk mencuci piring. Namun ada pemandangan unik dari kegiatan cuci piring ini.
Kreatif! Warga Tapanuli Tengah Manfaatkan Batang Pisang Untuk Cuci Piring Foto: YouTube

Baca juga : 8 Cara Agar Cuci Piring Lebih Mudah dan Menyenangkan (2)

Sekilas proses cuci piring ini terlihat biasa karena hanya mencelupkan piring kotor ke dalam wajan besar berisi irisan batang pisang. Ya, wajan super besar ini diisi penuh batang pisang yang sudah dicampur sabun dan air.

Kegiatan cuci piring ini tampaknya dilakukan di tempat warga yang tengah menggelar hajatan. Dua pria tampak duduk di pinggir wajan, bersiap mennjalani tugas sebagai pencuci piring.

Saat piring-piring kotor datang, dua pria ini langsung mencelupkan piring, memutarnya beberapa kali lantas mengangkat dan langsung dibilas. Prosesnya sangat cepat, demikian juga ketika mencuci gelas dan alat masak lainnya.

Ternyata campuran air, batang pisang dan sabun yang ada di dalam wajan ini dipanaskan hingga airnya hangat. Serat batang pisang yang ada dalam wajan besar ini lah yang secara tak langsung menggosok bagian permukaan piring dan membuatnya bersih seketika.
Kreatif! Warga Tapanuli Tengah Manfaatkan Batang Pisang Untuk Cuci Piring Foto: YouTube

Baca juga : Tawarkan Cara Praktis Cuci Piring, Ini Dia Kurasa Wash yang Canggih

Batang pisang juga terbukti mengikat lemak membandel yang melekat pada piring. Jadi meskipun hanya dicelupkan saja, piring sudah langsung bisa bersih.

Teknik cuci piring seperti ini ternyata sudah lazim dilakukan warga di Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Selain hemat sabun, trik ini juga hemat tenaga dan hemat air. Bagaimana, tertarik mencoba?

(dvs/odi)