ADVERTISEMENT

Hati-hati! 7 Makanan Ini Tak Boleh Dimasak dengan Oven Microwave

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 02 Jan 2019 16:55 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta - Memasak makanan di oven microwave memang praktis, namun tak semua makanan cocok diproses pakai oven microwave. Apa saja ya?

Kehadiran oven microwave memudahkan proses memasak di dapur. Gelombang panas yang tinggi memungkinkan makanan matang atau panas dalam waktu cepat. Sayangnya tak semua bahan makanan bisa diproses dengan alat canggih ini.

Salah memasukkan bahan makanan, bisa-bisa makanan itu malah meledak! Aol (2/1) merangkum jenis makanan yang tak boleh masuk ke oven microwave.

Baca Juga: Duh, Gadis Ini Buta Gara-gara Masak Telur di Oven Microwave

Hati-hati! 7 Makanan Ini Tak Boleh Dimasak dengan Oven MicrowaveFoto: Istimewa

1. Telur
Jadi santapan praktis banyak orang, telur rebus tak bisa dimasak di microwave. Pasalnya gelombang panas yang dihantarkan langsung ke makanan membuat banyak uap dari telur akan keluar. Sayangnya uap itu terlalu banyak sehingga tak ada ruang untuk melepaskannya. Akibatnya telur bisa meledak di dalam microwave!

2. Styrofoam
Hindari memanaskan makanan dengan kemasan styrofoam di microwave. Sama seperti plastik yang tidak cocok diproses dalam microwave, styrofoam juga karena terbuat dari busa polisterin yang merupakan jenis plastik. Kalau nekat memasukkannya, styrofoam akan mengeluarkan zat berbahaya yang bisa membahayakan makanan. Pada kasus terparah, styrofoam juga akan meleleh.

3. Mangkuk kosong
Saat microwave bekerja dalam keadaan kosong seperti tak ada makanan dalam mangkuk, gelombang radio yang dikeluarkan akan diserap microwave itu sendiri. Akibatnya, microwave tak bisa menangani gelombang tersebut sehingga berakhir membuatnya rusak atau bahkan meledak!

Hati-hati! 7 Makanan Ini Tak Boleh Dimasak dengan Oven MicrowaveFoto: Getty Images

4. Cabe
Alasan tidak memanaskan atau memasak cabe di microwave adalah karena capsaicin akan menguap. Capsaicin merupakan senyawa yang membuat cabe terasa pedas. Saat pintu microwave dibuka, besar kemungkinan uap capsaicin akan keluar dan mengenai mata atau membuat Anda batuk-batuk karenanya.

5. Buah
Anda sangat tidak disarankan memproses buah di dalam microwave. Selain memang tidak ada tujuan spesifiknya, memanaskan buah seperti anggur misalnya akan membuat microwave meledak dan bisa berujung kebakaran. Begitu juga dengan kismis yang akan membahayakan dapur Anda saat masuk ke dalam microwave.

Hati-hati! 7 Makanan Ini Tak Boleh Dimasak dengan Oven MicrowaveFoto: Getty Images

6. Aluminium foil
Jika makanan masih terbungkus aluminium foil saat ingin dipanaskan, segera keluarkan. Pasalnya aluminium foil bersifat seperti metal yang bisa memunculkan api dalam microwave. Cara paling aman adalah memindahkan makanan dari aluminium foil ke wadah aman khusus microwave.

7. Air
Kecuali air memiliki sesuatu lain untuk meredakan jumlah energi seperti kantung teh, air akan menjadi sangat panas saat di microwave. Akibatnya ketika Anda memasukkan sesuatu ke dalam air usai dipanaskan di microwave, seperti kantung teh, hal ini bisa memicu ledakan.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Penting Ketika Menggunakan Oven Microwave

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT