Sering Dikonsumsi, 12 Makanan Ini Ternyata Mengandung Serangga (1)

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 02 Jan 2019 10:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Menurut Reader's Digest, 12 makanan yang sering dikonsumsi ini sangat mudah terkontaminasi serangga. Cokelat, kopi, jus buah hingga jamur masuk daftar.

Siapa sangka kalau makanan yang mudah ditemukan dan umum dikonsumsi ini mudah terkontaminasi serangga. Berikut jenis serta penjelasan pihak Food and Drug Administration Amerika Serikat (FDA) terkait hal tersebut.

1. Selai kacang

Sering Dikonsumsi, 12 Makanan Ini Ternyata Mengandung Serangga (1)Foto: iStock
Menurut FDA, selai kacang seberat 16 ons bisa saja terkontaminasi oleh sebanyak 136 serangga. Sebab ada banyak serangga yang hinggap saat proses pembuatan hingga penyimpanan sampai beredar ke toko bahan makanan.

2. Cokelat

Sering Dikonsumsi, 12 Makanan Ini Ternyata Mengandung Serangga (1)Foto: Istimewa
FDA juga menuturkan kalau coklat seberat 4,4 ons bisa saja mengandung 74 fragmen serangga. Itu berarti pencinta cokelat melahap hampir 6.000 serangga ke tubuh mereka setiap tahunnya. Bahkan jasa penelitian makanan bernama Terro mengungkap kalau bagian tubuh kecoa jadi hal yang paling sering ditemukan dalam cokelat.

Baca juga: Ini 6 Alasan Sehat untuk Konsumsi Cokelat Saat Sarapan

3. Pasta

Sering Dikonsumsi, 12 Makanan Ini Ternyata Mengandung Serangga (1)Foto: iStock

Pasta yang terkontaminasi serangga diperbolehkan dijual jika hanya mengandung sebesar 225 fragmen serangga per 225 gram pasta menurut FDA. Serangga ini biasanya berasal dari gandum yang dijadikan bahan pembuatan pasta.

5. Kopi

Sering Dikonsumsi, 12 Makanan Ini Ternyata Mengandung Serangga (1)Foto: Istock
Menurut Terro, peminum kopi secara tak sadar mengonsumsi hampir 140.000 fragmen serangga per tahunnya. FDA juga membenarkan kalau sampal kopi yang pernah diteliti, kurang dari 10% terinfeksi serangga. Jadi, bisa saja kamu meminum secangkir kopi hangat bersamaan dengan 120 bagian serangga.

6. Kismis

Sering Dikonsumsi, 12 Makanan Ini Ternyata Mengandung Serangga (1)Foto: ilustrasi/thinkstock
Secangkir kismis punya sebanyak 35 telur lalat buah dan sepuluh buah serangga utuh menurut pedoman FDA. Untungnya, makhluk-makhluk ini tidak membahayakan kesehatan Anda.

Baca juga: Populer Sebagai Sumber Protein Baru, Permintaan Serangga Terus Meningkat (dwa/odi)