6 Pria Ini Ditahan Polisi Karena Menyantap Monyet Langka di Vietnam

Sonia Basoni - detikFood Senin, 31 Des 2018 13:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Vietnam dan negara di Asia Tenggara memang konsumsi berbagai jenis hewan dari anjing hingga tikus. Tapi rupanya menyantap monyet langka di sana melanggar hukum.

Enam pria yang berasal dari Vietnam harus diamankan pihak kepolisian, setelah menyantap hidangan dari hewan monyet. Penahanan ini dilakukan, karena monyet yang mereka santap adalah monyet jenis Langur.

Baca Juga: Karena Terlalu Banyak Makan Junkfood, Monyet Ini Jalani Diet Ketat
6 Pria Ini Ditahan Polisi Karena Menyantap Monyet Langka di VietnamFoto: Istimewa
Dilansir Sputniknews (28/12), monyet spesies Langur merupakan jenis hewan langka yang terancam punah. Aksi enam pria menyantap daging monyet ini awalnya mereka abadikan lewat fitur live streaming, atau tayangan langsung di Facebook.

Kemudian enam pria ini langsung viral di internet, setelah diidentifikasi ternyata enam pria ini berusia dari 35 hingga 59 tahun. Mereka sengaja menayangkan video itu di Facebook mereka.
6 Pria Ini Ditahan Polisi Karena Menyantap Monyet Langka di VietnamFoto: Istimewa
"Awalnya kami sedikit kesulitan untuk menemukan para tersangka yang terlibat dalam kasus ini," ungkap salah satu perwakilan dari pihak kepolisian, di mana pencarian tersangka memakan waktu hingga beberapa minggu setelah video itu tayang di Facebook.

Setelah ditangkap, para tersangka mengaku bahwa mereka tidak berburu mencari monyet langka itu. Melainkan mereka membelinya dari pemburu lokal, dengan harga sekitar $48 atau (Rp. 694.704,-). Hingga saat ini belum diketahui apakah monyet langka itu dibeli dalam keadaan sudah mati atau masih hidup.
6 Pria Ini Ditahan Polisi Karena Menyantap Monyet Langka di VietnamFoto: Istimewa
Meski terdengar masalah yang sepele, pihak pemerintah Vietnam menanggapi kasus ini dengan serius. Apalagi negara Vietnam tengah mencoba untuk menghentikan konsumsi daging anjing, dan hewan lainnya karena virus rabies.

Sementara itu, monyet jenis Langur ini hanya bisa ditemukan di wilayah utara Vietnam dan jumlahnya sudah sangat sedikit.

Baca Juga: Tutup Hidung Sampai Lap Tangan, Tingkah Kocak Monyet Saat Diberi Durian (sob/odi)