Diburu di 2018, Roti Long John dengan Isian Gurih dan Manis Creamy

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 29 Des 2018 18:27 WIB
Foto: dok. detikFood/Istimewa Foto: dok. detikFood/Istimewa
Jakarta - Membicarakan kuliner hits 2018 tak bisa meninggalkan roti long john. Roti sandwich berukuran panjang ini diberi beragam isian mantap!

Tren roti long john akhirnya sampai di Indonesia setelah populer lebih dulu di negera tetangga, Malaysia. Di sana roti long john tak ubahnya roti prata, canai, atau maryam yang dijajakan di kedai-kedai makan.

Hanya saja roti long john lebih menarik perhatian karena bentuknya yang panjang. Ada ukuran 20, 30 hingga 40 cm. Berkat bentuk ini pula, jenis roti sandwich ini lebih cocok dinikmati beramai-ramai sebagai kudapan teman minum teh atau kopi.

Diburu di 2018, Roti Long John dengan Isian Gurih dan Manis CreamyFoto: Istimewa

Baca Juga: Mumpung Libur, Yuk, Ngemil Roti Long John yang Lagi Hits

Di Indonesia, tren roti long john pertama kali hadir di Surabaya. Disusul masuk ke Jakarta hingga banyak kedai roti long john bermunculan. Menu yang ditawarkan sama yaitu roti dengan isian gurih maupun manis.

Untuk roti long john gurih, bahan populernya antara lain smoked beef, daging cincang, telur, dan keju parut. Toppingnya juga tak kalah menggoda seperti mayonnaise, saus keju, keju mozzarella leleh, hingga kulit ayam goreng tepung.

Sementara yang manis, kebanyakan menghadirkan paduan meisjes, pisang, susu kental manis, kacang, atau keju. Ada juga pilihan topping premium seperti selai Nutella, matcha, tiramisu, dan Oreo.

Diburu di 2018, Roti Long John dengan Isian Gurih dan Manis CreamyFoto: Istimewa

Roti long john ditawarkan dalam pilihan ukuran berbeda. Rata-rata bisa dinikmati oleh 2 hingga 4 orang. Salah satu penjaja roti long john hits adalah Kedai Roti Bule di kawasan Tebet.

Baca Juga: Kedai Roti Bule: Yummy! Roti Long John Mozzarella yang Kekinian

Menu andalan mereka adalah Long John Mozzarella dengan roti original dan Roti Steak Bule dengan roti gandum. Long John Mozzarella berukuran 40 cm dengan isian telur, daging cincang, wortel iris, keju parut dan saus. Toppingnya ada keju mozarella leleh dan dua lembar kulit ayam goreng renyah.

Diburu di 2018, Roti Long John dengan Isian Gurih dan Manis CreamyFoto: dok. detikFood

Roti Steak Bule dengan roti gandum tak kalah memikat. Ukurannya hanya 20 cm dengan isian daging sapi rib eye yang ditumis dengan bawang bombay dan dibumbui bubuk kari. Lalu isiannnya juga ditambah saus keju yang berlimpah.

Kalau mau yang unik bisa coba kreasi roti long john Limited Edition dari Roti John XL. Pilihan rasanya ada roti john pedas level 50, roti john isi Indomie dan roti john tom yam. Nyamm! Mau coba?

(adr/adr)