Hii... Terungkap Kalau Makanan Khas Meksiko Ini Dulunya Terbuat dari Daging Manusia

Devi Setya - detikFood Jumat, 28 Des 2018 13:30 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Sepanjang sejarah, kanibalisme seolah jadi praktik yang dikutuk semua orang. Tapi ternyata di masa lampau ada makanan khas yang dibuat dari daging manusia.

Sebuah makanan khas Meksiko yang bernama pozole dikabarkan memiliki masa lampau yang mengerikan. Hidangan berbahan dasar daging ini dahulu dipercaya terbuat dari daging manusia. Hiii...

Dilansir dari Food Beast (28/12) pozole merupakan sajian khas yang disantap masyarakat Meksiko untuk merayakan pesta tahun baru. Hidangan ini seolah sudah menjadi tradisi tahunan yang disantap masyarakat.
Hii... Terungkap Kalau Makanan Khas Meksiko Ini Dulunya Terbuat dari Daging ManusiaFoto: Istock

Baca juga : Hii..! Para Pembunuh Ini Sajikan Daging Korbannya ke Orang Sebagai Makanan

Pozole sudah jadi santapan masyarakat Meksiko selama berabad-abad namun tampaknya tak banyak yang tahu soal sejarahnya. Dalam tayangan 'Migrant Kitchen' ada satu episode yang menampilkan Chef asal Meksiko bernama Claudette Zeoeda-Wilkins dan jurnalis bernama Beto Lanz. Mereka mengangkat tema soal sejarah pozole yang dibuat dengan daging manusia.

Pozole dikabarkan sudah jadi makanan sejak zaman suku Aztec. Mereka memiliki ritual khusus yang mengorbankan manusia untuk diambil dagingnya dan dijadikan makanan. Pernyataan ini diperkuat dengan adanya penelitian oleh Michigan State University.

Dalam sumber lain, Arizona Historical Society mengumpulkan dokumentasi soal para penguasa masa lampau yang memang memiliki selera makan daging manusia. Dalam tulisan etnolog Pastor Bernardino de Sahagun bisa dilihat kalau Kaisar Moctezuma pernah membuat pesta besar yang menghadirkan daging manusia sebagai salah satu hidangan.

Bahkan tertulis juga bagian paha manusia sengaja disediakan untuk sang Kaisar.
Hii... Terungkap Kalau Makanan Khas Meksiko Ini Dulunya Terbuat dari Daging ManusiaIlustrasi daging sapi/ Foto: Istock

Baca juga : Cacing Goreng hingga Tahu Darah, Makanan Unik di Meksiko dan China yang Tak Lazim (1)

Kembali lagi ke suku Aztec, kata pozol digunakan bangsa suku ini untuk menyebut hidangan berbusa. Ini merujuk pada sajian yang yang menghasilkan busa atau mengental ketika dimasak.

Meskipun tidak secara langsung pozole disebut menggunakan daging manusia namun beberapa penelitian menunjuk hidangan ini.

Sekarang pozole umumnya dibuat menggunakan daging babi. Berbagai bumbu ditambahkan pada pozole untuk membuatnya lezat. Kuah pozole yang berwarna merah menggambarkan rasanya yang agak pedas.

(dvs/odi)