Kalkun dan 'Christmas Pudding,' Santapan Keluarga Kerajaan Inggris Saat Natal

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 25 Des 2018 09:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Perayaan Natal keluarga kerajaan Inggris juga diisi agenda kumpul keluarga. Tak ketinggalan menikmati makanan bersama buatan chef istana. Apa saja menunya?

Keluarga kerajaan Inggris merayakan Natal dengan tradisi serupa dari tahun ke tahun. Ratu Elizabeth II akan bertolak ke Sandringham House di Norfolk sekitar tanggal 19 atau 20 Desember. Anggota keluarga lain akan menyusul untuk menikmati makan siang bersama di tanggal 24 Desember.

Kepada Cosmopolitan (24/12), mantan chef keluarga kerajaan Inggris yaitu Darren McGrady bercerita soal tradisi Natal keluarga terpandang itu. "Saat Prince of Wales (Pangeran Charles) tiba, pelayannya akan mengantar ke kamar sementara barang-barangnya diturunkan. Semua kado Natal darinya ditaruh di atas meja untuk seluruh anggota kerajaan Inggris," ungkap McGrady.
Kalkun dan 'Christmas Pudding,' Santapan Keluarga Kerajaan Inggris Saat Natal Foto: Istimewa

Baca Juga: Kalkun Panggang Jadi Sajian Ikonik Natal di Inggris, Ini Kisahnya

Menurutnya, keluarga kerajaan Inggris merayakan Natal dengan tradisi Jerman. Setelah afternoon tea di tanggal 24 Desember, mereka membuka hadiah. "Esoknya, pagi hari saat Natal, mereka sarapan banyak sebelum ke gereja," lanjut McGrady.

Jamuan makan kembali dinikmati keluarga kerajaan Inggris usai pulang gereja. McGrady mengatakan, "Ada salad dengan udang atau lobster, kalkun panggang, dan berbagai menu pendamping tradisonal seperti wortel, Brussels sprouts dan puding Natal dengan brandy butter untuk hidangan penutup."
Kalkun dan 'Christmas Pudding,' Santapan Keluarga Kerajaan Inggris Saat Natal Foto: Istimewa

Ia menambahkan, pilihan menu tersebut sama setiap tahunnya. "Setelah mereka makan, semua duduk dan mendengarkan pidato Natal dari Ratu," kata McGrady. Di sore hari semua anggota keluarga kembali berkumpul untuk afternoon tea, dilanjut makan malam prasmanan dengan 15-20 menu berbeda.

Sebelumnya juga terungkap menu makan Natal Pangeran William saat berkunjung ke kediaman keluarga Kate Middleton pada 24 Desember malam. Mengingat ibunda Kate seorang vegan, kemungkinan besar Pangeran William makan menu vegan.

Baca Juga: Terungkap! Akan Ada Menu Khusus Vegan di Acara Malam Natal Pangeran William (dvs/odi)