Hidangan Natal

6 Minuman Tradisional Dari Berbagai Negara yang Selalu Ada Saat Perayaan Natal

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 23 Des 2018 11:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Hidangan Natal
Jakarta - Perayaan Natal tidak hanya dipenuhi dengan aneka makanan dan kue-kue saja. Tapi racikan minuman tradisional juga turut memeriahkan Natal di berbagai negara.

Hari Natal identik dengan kebersamaan dan perayaan yang meriah. Banyak beberapa negara di Eropa yang memilih mulled wine, sebagai minuman wajib untuk Natal. Tapi di beberapa negara, perayaan Natal tidak hanya diisi dengan mulled wine saja. Ada coquito, kopi, hingga bombardino.

Dilansir Wander Lust UK (22/12), berikut 6 minuman khas Natal dari berbagai negara di dunia.

Baca Juga: Kalkun hingga Ulat Renyah Jadi Hidangan Spesial Natal

1. Coquito

Foto: iStock
Minuman yang satu ini berasal dari Puerto Rico. tampilannya mirip seperti eggnog, yaitu minuman khas Natal yang terdiri ari minuman manis, kuning telur, dan campuran gula hingga susu.

Tapi kalau di Puerto Rico, Coquito terbuat dari susu, dengan krim kelapa, kuning telur, kayu manis, vanilla, dan campuran rum putih. Karena Puerto Rico punya cuaca yang panas, jadi minuman ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin, lengkap dengan gerusan pala dan kayu manis yang manis.


2. Kopi

Foto: iStock
Kalau di Irlandia, perayaan Natal tak lengkap tanpa kehadiran kopi. Di Irlandia, kopi memang jadi minuman sehari-hari. Tapi di hari Natal, kopi akan ditambahkan dengan krim dan campuran minuman beralkohol.

Salah satunya kopi dicampur dengan whiskey khas Irlandia, lalu ditambahkan Kahlua Coffee Cream, dan Baileys. Dia tasnya akan ditambahkan whipped cream, dan biasanya buah-buahan seperti cherry hingga blueberry.

3. Cuban Aliñado
Foto: iStock
Sebenarnya Cuban aliñado bukanlah minuman yang khusus disajikan ketika Natal. Tapi minuman berwarna merah cerah ini, masuk ke dalam tradisi Natal di Cuba. Dulu, setiap wanita yang mengumumkan kehamilannya, para anggota keluarga akan langsung membuatkan alinado untuk perayaan ketika anaknya lahir.

Jadi minuman ini difermentasi selama 9 bulan penuh, menggunakan irisan buah-buahan seperti apel, pepaya, ceri, plum, buah ara, dan rum. Rasanya kuat dan pekat.


4. Bombardino

Foto: iStock
Bombardino merupakan eggnog versi Italia. Tapi rasanya lebih kuat, karena dicampur dengan minuman brandy. Minuman ini biasanya paling banyak disajikan di resort dan hotel, tujuannya untuk mengangatkan tubuh dari dinginnya salju.

Sehingga minuman ini memiliki hubungan yang erat dengan perayaan Natal yang jatuh pada musim dingin. Selain campuran kuning telur dan susu, bombardino juga biasanya digabungkan espresso sehingga rasanya lebih kuat.

5. Wassail
Foto: iStock
Sering disebut sebagai minuman cuka berempah, tapi wassail tetap populer di Inggris jelang perayaan Natal. Biasanya minuman ini hadir untuk menggantikan mulled wine, apalagi bagi mereka yang lebih suka minuman manis.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat wassail ada cuka apel, jeruk, lemon, kayu manis, dan pala. Rasanya manis segar, dan mengangatkan. Apalangi jika dilengkapi dengan potongan cookies renyah.


6. Cafe Mexicano

Foto: iStock
Di Meksiko perayaan Natal penuh dengan kemeriahan, dan tentunya kehadiran Cafe Mexicano yang dipenuhi oleh cokelat dan susu hangat tanpa alkohol.

Sekilas tampilannya mirip seperti hot chocolate, tapi ditambahkan dengan Kahlua hingga brandy bagi yang suka alkohol. Kalau suka kopi, minuman ini juga enak dicampur dengan krim tebal, kopi, dan tambahan kayu manis.

Baca Juga: 7 Etiket Makan Saat Jamuan Perayaan Natal (sob/odi)
FOKUS BERITA Hidangan Natal