Hii Jijik! Netizen Ini Temukan Lendir dan Kotoran Dalam Minuman Teh Kemasan

Devi Setya - detikFood Kamis, 20 Des 2018 16:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Seorang netizen asal Malaysia merekam adanya kotoran dan lendir dalam minuman teh kemasan. Padahal batas kadaluarsa minuman ini masih lama.

Netizen pengguna Facebook bernama Stomp membagikan video yang memperlihatkan ia menuang teh kemasan dalam gelas. Saat dituang, cairan teh ini berwarna kuning cerah. Namun ada bintik-bintik kotoran juga dalam minuman ini.

Dilansir dari Asia One (20/12) minuman teh rasa bunga krisan yang dibuka Stomp ini memiliki tanggal kadaluarsa yang masih lama yakni tanggal 2 Februari 2019. Video yang telah beredar luas di media sosial ini juga dilengkapi dengan suara seorang pria yang mengatakan minuman ini tak aman dikonsumsi.
Hii Jijik! Netizen Ini Temukan Lendir dan Kotoran Dalam Minuman Teh KemasanFoto: Istimewa

Baca juga : Hii..! Pria Ini Temukan Celana Dalam Kotor di Dalam Makanan Pesanannya

Video berdurasi 1,5 menit ini memperlihatkan dua gelas berisi teh yang di dalamnya ada serpihan berwarna cokelat. Ia lalu mengambil sebuah teh kemasan yang masih utuh lalu mengguntingnya dan kembali menuang dalam gelas.
Hii Jijik! Netizen Ini Temukan Lendir dan Kotoran Dalam Minuman Teh KemasanFoto: Istimewa

Dari dalam teh kemasan ini terlihat ada lendir kotoran berwarna coklat yang mengambang di dalam teh. Pria dalam video ini kembali menyarankan masyarakat untuk selalu memperhatikan apa yang dikonsumsi.

Pihak Yeo's selaku produsen teh kemasan ini memberi tanggapan pasca hebohnya video yang beredar. "Dalam menanggapi video yang dibagikan melalui berbagai platform media sosial mengenai teh krisan kami, Yeo's Hiap Seng (Malaysia) telah mengambil langkah untuk menguji sampel yang diambil dari batch produksi yang sama. Kami juga melakukan pengecekan catatan produksi dari produk yang sama dengan yang ada di dalam video," bunyi klarifikasi pihak Yeo's.

Produsen juga mengaku telah melakukan tes Jaminan Kualitas dan hasilnya tidak menunjukkan kondisi produk yang ada dalam video. Produsen juga berani menjamin dan menegaskan kalau minuman ini aman dikonsumsi.

"Kontrol kualitas dan proses di pabrik pada batch produk tersebut sudah sesuai standar," lanjutnya.

Pihak Yeo's menjelaskan mereka sudah mencoba mengontak orang yang merekam dan menyebarkan video ini namun belum mendapat respon.
Hii Jijik! Netizen Ini Temukan Lendir dan Kotoran Dalam Minuman Teh KemasanFoto: Istimewa

Baca juga : Ketika Pelayan Restoran Curhat Soal Kejorokan Makanan dan Alat Makan

"Yeo's Chrysanthemum Tea diproduksi di bawah standar kualitas dan keamanan pangan internasional yang ketat dan aman untuk dikonsumsi. Pabrik kami disertifikasi dengan sistem manajemen Keamanan Pangan HACCP dan semua tahapan proses produksi kami tunduk pada prosedur kontrol kualitas yang ketat," tegasnya lagi dalam sebuah siaran pers.

Selanjutnya, Yeo's berharap jika ada masukan atau komplain dari konsumen sebaiknya langsung menghubungi pihak produsen. Semua kritik dan saran akan diterima dengan baik dan dijadikan bahan acuan untuk menjadikan produk semakin lebih baik. (dvs/odi)