Keseruan Presiden Jokowi Cicipi 'Koling' di Madura

Devi Setya - detikFood Kamis, 20 Des 2018 13:10 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Lewat instagramnya, Presiden Jokowi membagikan video singkat saat ia mencicip kopi. Kali ini ia mencoba koling yakni kopi keliling di Madura.

"Siang hari ini, saya dengan Mbak Yenny Wahid. Ini mau nyoba koling, kopi keliling" kata Jokowi memulai video. Dalam video terlihat Jokowi ada di depan gerobak kopi bersama Yenny Wahid dan beberapa orang yang sibuk mengerubunginya.
Keseruan Presiden Jokowi Cicipi 'Koling' di MaduraFoto: Instagram

Baca juga : Presiden Jokowi Pernah Ngopi di Dua Kedai Kopi di Jakarta Ini

Di gerobak sederhana ini ada dua pria yang melayani. Mereka menjawab dan menjelaskan pada Jokowi soal kopi yang dijual.

Beberapa pertanyaan dilontarkan Jokowi seperti berapa harga kopi, kopi jenis apa dan dari mana asal kopi. Dua pria ini dengan semangat menjawab harga segelas kopinya Rp 8.000. Kopi yang digunakan adalah kopi robusta asli Jawa Timur.

"Kopi asli Jawa Timur! Mantap! Ada dari Probolinggo, ada dari Situbondo, ada dari Ngawi. Kopi Nusantara, Pak!" jelas pria di balik gerobak.

Segelas kopi di tangan Jokowi langsung diseruput di tempat. Jokowi aslinya bukanlah pencinta kopi, namun karena penasaran dengan koling, akhirnya ia mencobanya.

"Mencoba Koling, kopi keliling, bersama Mbak Yenny Wahid di satu sudut kota Bangkalan, Pulau Madura. Ini kopi asli dari Jawa Timur. Katanya sih, ini jenis robusta. Ayo diminum. Ngopi aja kok repot," tulis Jokowi dalam captions fotonya.

Koling alias kopi keliling ini adalah usaha besutan anak Indonesia yang ingin menghadirkan kopi Nusantara agar lebih mudah dijangkau. Sesuai dengan namanya, gerobak koling tidak menetap di satu tempat saja melainkan berkeliling.
Keseruan Presiden Jokowi Cicipi 'Koling' di MaduraFoto: Instagram

Baca juga : Di Singapura, Jokowi Santap Bebek Goreng, Sayur Asem dan Sambal Terasi

Lokasi tempat mangkal koling bisa dipantau lewat instagramnya @ngopiajakokrepot. Kopi yang dihadirkan juga bervarian dan semuanya berasal dari daerah di Indonesia.

Dengan harga terjangkau, kopi Indonesia diharapkan bisa semakin disukai masyarakat. Sebelumnya, koling populer di Yogyakarta. Dengan konsep yang sama, koling di Yogyakarta sudah cukup menarik atensi para penikmat kopi.


Keseruan Presiden Jokowi Cicipi 'Koling' di Madura
(dvs/odi)