Kalau ke Belitung Jangan Lupa Bawa Pulang 5 Oleh-oleh Lezat Ini

Devi Setya - detikFood Minggu, 16 Des 2018 15:04 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Belitung - Berwisata ke Belitung memang seru, pulau ini punya pantai yang indah dan makanan yang enak. Belitung juga punya ragam oleh-oleh khas yang enak dan siap dibawa pulang.

Provinsi Bangka Belitung dikenal sebagai penghasil timah terbaik namun kekayaan alam dan kuliner khas di sini juga tak kalah menggoda. Kalau traveling ke Belitung, jangan lupa membeli oleh-oleh khas untuk orang tercinta di rumah.

Berikut detikFood rekomendasikan lima makanan khas Belitung yang siap jadi oleh-oleh.

Baca juga : Gurih Manis Mie Belitung yang Bikin Perut Hangat di Pagi Hari

1. Rajungan isi
Kalau ke Belitung Jangan Lupa Bawa Pulang 5 Oleh-oleh Lezat Ini Foto: detikFood
Seafood jadi komoditas andalan di Belitung. Sebagian besar masyarakat bekerja sebagai nelayan jadi tak heran kalau seafood sangat berlimpah dan harganya relatif terjangkau.

Rajungan di Belitung juga terkenal enak, masyarakat membuatnya jadi olahan rajungan isi. Rajungan isi terbuat dari daging rajungan yang sudah dipisahkan dari cangkangnya lalu dicampur dengan berbagai bumbu dan bahan lain hingga menjadi adonan.

Adonan daging rajungan ini kemudian dimasukkan lagi ke dalam cangkang rajungan dan direbus hingga matang. Rajungan isi makin enak lagi kalau digoreng dan disantap hangat-hangat.

2. Pempek
Kalau ke Belitung Jangan Lupa Bawa Pulang 5 Oleh-oleh Lezat Ini Foto: detikFood

Tak hanya Palembang yang punya pempek enak. Belitung juga terkenal punya sajian pempek yang tak kalah gurih.

Ciri khas pempek Belitung terletak pada bahan bakunya yang menggunakan menggale alias singkong. Pempek Belitung terasa padat dan kenyal dengan rasa ikan tenggiri yang gurih.

Pempek juga dilengkapi dengan kuah cuko yang kental dan pedas. Pempek bisa dijadikan oleh-oleh karena tahan hingga 3 hari dalam suhu ruang.

3. Kerupuk Getas Ikan
Kalau ke Belitung Jangan Lupa Bawa Pulang 5 Oleh-oleh Lezat Ini Foto: detikFood

Bangka Belitung juga punya ragam kerupuk ikan yang gurih renyah. Kerupuk ini tersedia dalam berbagai bentuk namun bahan baku dan rasanya sama.

Kerupuk getas ikan terbuat dari daging ikan tenggiri jadi tak heran rasanya gurih dan bikin nagih. Selain itu ada juga kericu alias keripik cumi yang juga wajib jadi oleh-oleh.

Untuk mendapatkan kerupuk getas dan kericu, cukup datang ke pusat oleh-oleh yang ada di beberapa titik di Belitung. Harganya beragam mulai dari Rp 25 ribu hingga 45 ribu.

4. Terasi
Kalau ke Belitung Jangan Lupa Bawa Pulang 5 Oleh-oleh Lezat Ini Foto: Istimewa

Terasi udang Belitung berbeda dengan terasi Cirebon. Di sini terasinya berwarna cokelat kemerahan dengan aroma dan rasa yang lebih tajam. Dihasilkan dari daerah Sijuk yang terkenal sangat enak terasinya karena memakai udang segar.

Terasi dikemas dalam berbagai ukuran, ada ukuran kecil hingga besar yang dikemas secara tradisional dengan wadah anyaman bambu. Ada yang sudah dipanggang tetapi ada juga yang masih mentah.

Baca juga : Asyiknya Ngopi Khas Belitung di Kedai Kopi Legendaris Kong Djie

5. Kopi Belitung
Kalau ke Belitung Jangan Lupa Bawa Pulang 5 Oleh-oleh Lezat Ini Foto: detikFood
Meskipun bukan daerah penghasil kopi tapi Belitung terkenal dengan warung kopinya yang banyak. Jadi kalau kepincut dengan rasa kopi Belitung jangan lupa membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Salah satu yang terkenal adalah Kopi Kong Djie. Kopi ini adalah racikan dari kopi arabika dan robusta yang menghasilkan aroma semerbak dengan rasa kopi yang kuat. Kalau tak suka kopi, Kong Djie juga punya cokelat bubuk yang terkenal enak.

Oleh-oleh kopi Belitung bisa jadi teman santai menikmati santai sore atau sebagai penyemangat di pagi hari. (dvs/odi)