Catat! 5 Makanan Ini Sebaiknya Tak Diproses Dalam Blender

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 16 Des 2018 08:59 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kehadiran blender memudahkan proses masak, namun tak semua bahan makanan cocok dihaluskan di blender. Apa saja makanan itu?

Menghaluskan makanan dengan blender begitu cepat dan praktis. Bahan sup, saus, hingga jus pun akan siap dalam waktu singkat. Namun Reader's Digest (12/12) mengungkap ada bahan makanan yang tak cocok diproses di blender, seperti 5 makanan berikut.

Baca Juga: Mau Beli Blender atau Mixer? Coba Kenali Fungsinya Dulu

1. Sayuran hijau

Catat! 5 Makanan Ini Sebaiknya Tak Diproses Dalam BlenderFoto: GettyImages

Sayuran hijau jadi bahan smoothies menyehatkan. Hanya saja untuk menghaluskannya di blender perlu trik agar warna sayuran hijau tak kecokelatan. Warna hijau bisa dipertahankan dengan mendinginkan sayuran hijau dengan batu es selama 5 menit, sebelum dimasukkan dalam blender. Selain sayuran daun, sayuran hijau seperti brokoli juga sebaiknya tak diproses di blender. Ini karena batangnya mungkin berubah jadi benang-benang halus akibat kandungan serat yang tinggi.

2. Buah beku

Catat! 5 Makanan Ini Sebaiknya Tak Diproses Dalam BlenderFoto: iStock

Memproses buah di blender memang tak salah, namun jangan memasukkanya dalam keadaan beku. Hasilnya tekstur jus buah akan menggumpal. Lebih parah lagi, keberadaan buah beku ini merusak mata pisau blender. Untuk mencairkan buah beku dalam waktu cepat Anda bisa menaruhnya di kantung plastik. Rendam dalam air beberapa saat sebelum diolah di blender.

3. Kacang

Catat! 5 Makanan Ini Sebaiknya Tak Diproses Dalam BlenderFoto: Istimewa

Layaknya buah beku, makanan keras seperti kacang dan biji kopi juga tak cocok dihaluskan di blender. Hal ini bisa membuat pisau blender tumpul atau hasil proses makanan seperti pasta lengket. Kalau mau menghaluskan makanan keras bisa memprosesnya di grinder.

4. Makanan beraroma menyengat

Catat! 5 Makanan Ini Sebaiknya Tak Diproses Dalam BlenderFoto: Getty Images

Banyak orang sering memasukkan bawang putih atau cabe ke dalam blender. Padahal bahan makanan beraroma menyengat ini tak cocok diproses pakai blender. Aroma khas makanan akan menempel dan sulit dihilangkan. Tentu jadi bencana saat Anda akan memproses makanan lain dalam blender.

5. Cairan panas

Catat! 5 Makanan Ini Sebaiknya Tak Diproses Dalam BlenderFoto: Istock

Hindari menaruh cairan panas seperti air atau kaldu ke dalam blender. Uap dari cairan ini mungkin membuat cairan muncrat keluar blender. Tak hanya membuat dapur berantakan, seseorang juga bisa kena luka bakar akibat hal ini.

Baca Juga: Blender Kusam dan Bau? Bersihkan dengan Cara Praktis Ini
(adr/odi)