Rekomendasi Tempat Makan

Malas Masak? Ajak Keluarga Santap Menu Rumahan Enak di 5 Tempat Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 15 Des 2018 17:53 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Saat sedang malas masak, Anda bisa mengajak keluarga makan di sini. Punya menu rumahan yang enak, dijamin semuanya suka.

Lokasinya ada di sekitar Tangerang dan Tangerang Selatan. Di daerah ini ada beberapa tempat makan yang sajikan menu rumahan enak. Mulai dari ikan goreng, sayur asem, soto betawi hingga ragam penyetan yang disajikan dengan sambal pedas. Mau coba?

Berikut ini beberapa tempat makan yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

1. Waroeng SS

Malas Masak? Ajak Keluarga Santap Menu Rumahan Enak di 5 Tempat IniFoto: Dok. detikFood

Waroeng SS ini lokasinya ada di beberapa tempat. Salah satu yang bisa Anda kunjungi adalah Waroeng SS yang berada di kawasan Bintaro. Tempatnya besar namun selalu ramai dikunjungi para penggemar sambal. Menu sambalnya sangat bervariasi, mulai dari sambal tempe, sambal bajak, sambal tomat, sambal trasi, sambal teri, sambal gobal-gobul hingga sambal belut.

Semua sajian sambalnya makin enak dinikmati bersama dengan ikan layur, bebek, ayam goreng, ikan nila hingga babat sapi. Lengkapi dengan sajian sayuran seperti ca jamur, sayur asem, karedok hingga trancam. Jangan lupa nikmati pete goreng dan kobis goreng. Hmm mantap!

Waroeng SS
Jl. Bintaro Utama 3
Sektor 3A, Bintaro, Jakarta
Telp: (021) 7379469

2. Soto Betawi H. Usman Ali

Malas Masak? Ajak Keluarga Santap Menu Rumahan Enak di 5 Tempat IniFoto: detikFood

Warung Betawi yang satu ini cukup legendaris karena sudah ada sejak tahun 1979. Lokasinya ada di kawasan Pondok Ranji, Bintaro. Menunya sangat beragam, ada soto Betawi campur, sop iga bakar, iga penyet, sayur asem, aneka pepes, asinan, semur jengkol, hingga daging empal.

Salah satu yang jadi andalan dan patut Anda coba adalah soto Betawi. Sotonya dibuat dengan kuah santan bercitarasa rempah gurih. Isiannya berupa kentang, paru goreng, daging, hingga babat. Makin enak dipadu dengan potongan tomat, emping dan sambal. Tambah dengan nasi hangat ya!

Soto Betawi H. Usman Ali
Jl. WR Supratman No.28, Ciputat Timur
Tangerang Selatan
Telp: (021) 73691701
Libur: Hari Selasa

Baca juga: H. Usman Ali: Nyang Enak di Sini, Soto Betawi dan Pecak Lele Khas Betawi!

3. Sayur Asem H. Masa

Malas Masak? Ajak Keluarga Santap Menu Rumahan Enak di 5 Tempat IniFoto: Lusiana Mustinda/detikFood

H. Masa sudah membuka usahanya sejak tahun 1980. Punya racikan sayur asem enak, RM. Sayur Asem H. Masa ini membuat sayur asem dengan jengkol bewe, kecipir, pare dan oncom. Sayur asem ini makin enak dinikmati bersama dengan ikan pesmol, ayam goreng hingga tahu dan tempe.

Kuahnya yang hangat dan gurih semakin enak dipadu bersama dengan beberapa lauk. Seperti ikan goreng, tahu, tempe hingga ayam goreng. Dijamin mantap dan tak akan mengecewakan!

RM. Sayur Asem H. Masa
Jl. Raya Pondok Jaya No. 5
Pondok Aren, Tangerang Selatan
Telp: (021) 7335813

Baca juga: RM. Sayur Asem Betawi H. Masa: Aduh Enaknye, Sayur Asem Betawi Isi Jengkol Plus Ayam Goreng

4. RM. Ikan Cere Ibu Tini atau Saung Kartini

Malas Masak? Ajak Keluarga Santap Menu Rumahan Enak di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Warung cere ini tempatnya agak tersebunyi. Di sini Anda bisa mendapatkan sensasi pedesaan yang sebenarnya mulai dari lokasi yang berada di tengah belantara, ikan yang segar hasil tangkapan dari sungai Cisadane hingga sayuran yang dipetik langsung dari halaman warung ini. Sudah berdiri selama 5 tahun, warung bu Tini ini dikenal dari mulut ke mulut karena tidak ada plang yang menununjukkan letak warung ini.

Di sini cara memesannya unik, Anda cukup katakan jumlah orang, maka pesanan Anda akan datang. Dengan harga satu orangnya Rp 17.000-an Anda akan mendapatkan nasi, ikan, sambal, lalapan dan tahu tempe. Ikannya tak selalu cere, tergantung hasil tangkapan ikan hari itu. Memasak makanannyapun masih dengan kayu bakar. Pokoknya Anda bisa menikmati makanan 'kampung' dengan suasana persawahan asri.

RM. Ikan Cere Ibu Tini atau Saung Kartini
Jl. T.L.S, Kranggan, Setu
Tangerang

5. Warung Betawi Mpok Kuni

Malas Masak? Ajak Keluarga Santap Menu Rumahan Enak di 5 Tempat IniFoto: Dok. detikFood

Di Kawasan Cipete Pinang, Tangerang ada rumah makan Betawi enak yang patut dicoba. Sudah berdiri sejak tahun 1986, warung milik Mpok Kuni hingga kini masih terjaga kualitas rasanya. Sambil duduk lesehan dan bercengkrama dengan keluarga, enaknya menikmati nasi hangat dibakul dengan paduan menu khas Betawi.

Menunya ada gurame goreng, ikan cere goreng, tempe goreng, tumis cumi asin, tumis oncom, pecak gabus, sayur mangga, lalapan hingga sambal. Salah satu yang unik adalah sayur mangga dengan kuah oranye bening yang berisi potongan tempe, jengkol dan serutan mangga muda yang segar. Ada juga pecak gabus yang berukuran besar dengan kuah gurih dan segar.

Bagi pecinta jengkol juga wajib coba jengkol balado dan sambal pedas racikan Mpok Kuni.

Warung Betawi Mpok Kuni
Gg. A. Ismail RT 01/05
Cipete Pinang, Tangerang
Telp: 081299243986
Buka: 09.00 - 18.00

Warung Betawi Mpok Kuni: Aduh Enaknye! Sayur Mangga dan Pecak Gabus Bikinan Mpok Kuni (lus/odi)