Gara-gara Makan Kari Ayam, Pria Ini Alami Koma dan Lumpuh Total

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 14 Des 2018 18:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pria ini harus mengalami koma dan kelumpuhan dari wajah hingga ujung kakinya.Setelah ia menyantap kari ayam yang memicu terjadinya keracunan makanan langka.

David Braham, sempat mengalami kelumpuhan total saat menonton pertandingan rugby putranya. Ia ternyata mengalami keracunan makanan yang cukup langka, di mana racun ini membawa gangguan autoimun langka yang disebut Guillian-Barré Syndrome.

Baca Juga: Jadi Vegetarian Selama 30 Tahun, Wanita Ini Terancam Lumpuh
Gara-gara Makan Kari Ayam, Pria Ini Alami Koma dan Lumpuh TotalFoto: Istimewa
Dilansir Metro UK (12/12), David tidak dapat menggerakan bagian tubuhnya, tidak dapat berbicara hingga bernafas. Selama 4 bulan David harus bernafas lewat ventilator, dan mulai belajar menggerakan tubuhnya setelah 8 bulan lumpuh total di atas tempat tidur.

Semua ini dipicu setelah David menyantap kari ayam, di restoran China yang dikunjunginya, yang berada di Swansea, Wales. Awalnya dia merasa baik-baik saja, tapi keanehan terjadi setelah ia menyantap kari ayam.

"Saya menyesal menyantap kari ayam itu. Saya yakin bahwa kari ayam itu yang jadi penyebabnya. Saya langsung merasa tidak enak, malamnya saya merasa sangat sakit. Kemudian semuanya terjadi begitu cepat," ungkap pria berusia 40 tahun itu. Setelah merasa sangat sakit, David mulai tidak bisa menggerakan tubuhnya.
Gara-gara Makan Kari Ayam, Pria Ini Alami Koma dan Lumpuh TotalFoto: Istimewa
"Sangat menyeramkan, seperti hidup di neraka. Saya tidak tahu apakah saya akan bisa berjalan lagi. Saya hanya memikirkan anak-anak saya, karena saya pikir saya tidak akan bisa bertahan hidup," ungkapnya.

Akhirnya David harus dirawat di Princess Wales Hospital, 4 hari setelah kejadian. Dia dirawat selama 6 hari, dan menuruk dokter ia menderita campylobacter. Racun yang sering muncul dalam makanan.

Sementara kelumpuhannya disebabkan oleh Guillian-Barré Syndrome, sindrom ini menyerang saraf di tubuh David. Munculnya sindrom ini ternyata dipicu oleh campylobacter. Kondisi kesehatan David semakin parah, hingga ia mengalami fase koma.

"Saya merasa seperti bayi, yang harus belajar berjalan dan melakukan hal sederhana. Otak saya tahu bagaimana cara melakukan sesuatu, tapi tubuh saya tidak bisa bergerak," pungkas David yang kini rutin melakukan berbagai jenis terapi, untuk meulihkan kondisinya lagi.
Gara-gara Makan Kari Ayam, Pria Ini Alami Koma dan Lumpuh TotalFoto: Istimewa
Hingga saat ini belum ditemukan alasan jelas mengapa kari ayam dapat menyebabkan kelumpuhan, banyak yang menganggap bahwa kari ayam itu tidak layak untuk dikonsumsi.

Kejadian seperti ini bukan pertama kalinya terjadi. sebelumnya pria asal Korea Selatan, harus diamputasi tangannya setelah terpapar infeksi dari ikan mentah yang dimakannya.

Baca Juga: Tangan Pria Ini Harus Diamputasi Karena Terinfeksi Ikan Mentah (sob/odi)