Tampilkan Salt Bae Dalam Lukisan 'The Last Supper', Jurnalis Yordania Ditangkap

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 13 Des 2018 14:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Seorang jurnalis dari media asal Yordania ditangkap karena telah memasukkan foto Salt Bae ke lukisan 'The Last Supper'. Hal ini dianggap tak sopan dan dianggap menyinggung agama.

'The Last Supper' merupakan lukisan mural karya Leonardo da Vinci. Dalam lukisan ini terlihat peristiwa makan malam terakhir Yesus bersama dengan keduabelas muridnya.

Tampilkan Salt Bae Dalam Lukisan 'The Last Supper', Jurnalis Yordania DitangkapFoto: Istimewa

Mohammad Al Wakeel yang mengelola situs web Al Wakeel News, ditahan dan ditolak jaminannya oleh otoritas Jordan setelah mengunggah editan foto 'The Last Supper' di halaman situs web resmi Facebooknya. Dalam gambar tersebut, terlihat chef asal Turki, Nusret Gokce yang lebih dikenal dengan Salt Bae terlihat menaburkan garam pada sajian makanan Yesus. Dalam laporan Roya News, hal ini pun dianggap menyinggung orang Kristen dan Muslim di Yordania.

Baca juga: Bukan Daging Babi, Ini Daging yang Dipotong Salt Bae

Al Wakeel menghapus gambar tersebut dan meminta maaf. Ia mengatakan itu adalah kesalahan editor. Namun alasan ini tidak menghentikan pemerintah mengejar dakwaan terhadap pria tersebut. Hingga kini jurnalis ini masih dalam proses penyelidikan oleh Unit Cybercrime untuk kasus 'pengejekan agama" yang dikatakan dapat memicu perselisihan.

Tampilkan Salt Bae Dalam Lukisan 'The Last Supper', Jurnalis Yordania DitangkapFoto: Istimewa

Dikutip dalam Foxnews (13/12) jika terbukti salah, Al Wakeel bisa mendapat hukuman penjara dari enam bulan hingga tiga tahun.

Baca juga: Ini Aksi Kocak Maradona Taburkan Garam ala 'Salt Bae' Bersama Chef Nusret Gokce (lus/odi)