Kue-kue Natal Lezat

Renyah Manis Shortbread Mudah Dibuat dengan 3 Bahan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 12 Des 2018 12:18 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Kue-Kue Natal Lezat
Jakarta - Selain cake, biskuit atau cookies juga digemari saat Natal. Nah, untuk pilihan praktis ada resep biskuit shortbread dengan 3 bahan.

Shortbread adalah biskuit tradisional Skotlandia dengan ciri khas rasa mentega kuat. Tekstur shortbread terbilang renyah dan rapuh di bagian luar, namun lembut saat dikunyah.

Banyak orang memilih sajikan shortbread saat Natal karena membuatnya mudah dan praktis. Resep yang satu ini hanya mengandalkan 3 bahan yaitu mentega, tepung terigu, dan icing sugar.

Renyah Manis Shortbread Mudah Dibuat dengan 3 Bahan IniFoto: iStock

Baca Juga: Yuk, Contek 7 Ide Kue Natal Kekinian yang Cantik Ini!

Adalah seorang ibu rumah tangga di Australia yang membagikan resep shortbread ini di Instagram Budget Living in Australia (@ourlittleozfamily). "Biskuit ini renyah dan meleleh di mulut Anda," ujarnya.

Bahan shortbread adalah 250 gram salted butter (lelehkan), 680 gram tepung terigu, dan 250 gram icing sugar. Pertama, kocok mentega hingga lembut lalu tambahkan icing sugar. Kocok kembali hingga menyatu sempurna.

Kedua, tambahkan tepung terigu dalam 2 kali. Kocok bersama adonan mentega dan icing sugar hingga menyerupai tekstur pasir basah.

Selanjutnya ambil adonan untuk dibentuk menjaid bulatan menggunakan tangan. Susun adonan di loyang kue persegi panjang dengan ukuran 30 x 24 cm. Tekan-tekan adonan perlahan dengan tangan.

Renyah Manis Shortbread Mudah Dibuat dengan 3 Bahan IniFoto: iStock

Setelah itu giling adonan dengan rolling pin hingga permukaannya halus. Hindari menekan kuat-kuat karena adonan menjadi terlalu padat dan akan menghasilkan shortbread yang keras.

Baca Juga: Agar Tetap Renyah dan Enak, Ini Cara Benar Menangani Kue Kering

Panggang shortbread dalam suhu 160 C selama 20 menit. Keluarkan dari oven, potong adonan biskuit sesuai keinginan dengan pisau. Terakhir, panggang kembali shortbread selama 8 menit hingga permukaannya berwarna keemasan.

Matikan oven, biarkan pintu terbuka, dan dinginkan shortbread selama 1 jam. Sisa panas akan mengeringkan shortbread dengan sempurna. Shortbread pun siap jadi suguhan atau kado Natal.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Kue-Kue Natal Lezat