Kue-kue Natal Lezat

Agar Kue Enak Rasanya Simpan Bahan-bahan Kue dengan Trik Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 11 Des 2018 19:10 WIB
FOKUS BERITA Kue-Kue Natal Lezat
Jakarta - Sudah mulai bikin kue? Supaya hasilnya maksimal, perhatikan cara benar menyimpan bahan-bahan pembuatnya.

Agar rasanya enak dan hasilnya optimal, sebaiknya simpan bahan-bahan dengan cara yang benar. Umumnya kue-kue dibuat dengan bahan dasar tepung terigu, telur, mentega dab lainnya. Kalau setelah membuat kue ada sisa bahan, sebaiknya perhatikan cara menyimpannya agar dapat digunakan membuat kue kembali.

Baca juga: Sedang Menyiapkan Kue untuk Natal? Perhatikan

1. Tepung terigu

Agar Kue Enak Rasanya Simpan Bahan-bahan Kue dengan Trik IniFoto: iStock

Tepung terigu yang disimpan terlalu lama aroamnya apek dan berkutu. Agar tepung terigu bisa digunakan dalam waktu yang lama, simpan di tempar kering dan tidak lembab. Taruh tepung terigu dalam wadah kedap udaea agar tetap kering.

Jika tepung sudah lama disimpan, sebelum digunakan sebaiknya cek apakah aromanya apek atau masih segar. Hal ini menandakan tepung terigu kualitasnya sudah menurun.

2. Telur

Agar Kue Enak Rasanya Simpan Bahan-bahan Kue dengan Trik IniFoto: Istock

Sebelum disimpan sebaiknya cuci terlebih dulu agar telur atau tidak terkontaminasi bakteri salmonella. Telur yang belum dicuci bisa menjadi agen berkembangnya bakteri tersebut. Bakteri ini bisa menyebabkan diare, kram perut hingga demam. Selain itu, saat meletakkan telur pada wadahnya, tempatkan bagian telur yang runcing di bawah dan bagian yang tumpul di atas.

Hindari penyimpanan telur bersamaan dengan terasi dan ikan asin. Bau yang menyengat dapat masuk ke pori-pori kulit telur sehingga menyebabkan rasa kue yang kurang enak. Kalau sudah biasa menyimpan telur di dalam lemari es, sebaiknya keluarkan telur beberapa jam sebelumnya agar bersuhu ruang saat dipakai.

Baca juga: Ini Cara Tepat Menyimpan dan Menguji Kesegaran Telur

3. Mentega

Agar Kue Enak Rasanya Simpan Bahan-bahan Kue dengan Trik IniFoto: iStock

Mentega mudah lumer jika ditaruh dalam suhu ruang. Pastikan mentega selalu disimpan dalam lemari es. Agar suhunya tetap stabil, bungkus dalam plastik dan ikatlah rapat kemudian ditaruh dalam kulkas. Bisa juga disimpan dalam wadah tertutup karena mentega sangat mudah menyerap bau di dalam kulkas.

Menurut Butter Institute, mentega berjenis unsalted tahan disimpan selama 2 minggu sedangan yang salted bisa sampai 2 bulan. Sedangkan menurut USDA bisa tahan 1-3 bulan. Namun, jika simpan dalam freezer bisa tahan sampai 9 bulan.

4. Gula

Agar Kue Enak Rasanya Simpan Bahan-bahan Kue dengan Trik IniFoto: iStock

Selain dijadikan pelengkap bumbu, gula menjadi kompenen utama untuk pembuatan kue kering. Gula pasir yang disimpan di temoat lembap akan keras atau menggumpal. Sebaiknya simpan gula pasir dalam wadah kedap udara.

5. Cokelat

Agar Kue Enak Rasanya Simpan Bahan-bahan Kue dengan Trik IniFoto: Istimewa

Agar cooking chocolate tak meleleh, Anda bisa menyimpannya dalam suhu ruang namun pastikan cokelat tidak terkena sinar matahari langsung. Dan tetap masukkan dalam wadah tertutup yang bersih serta simpan dalam tempat yang aman tidak dekat dengan makanan berbau tajam.

Cooking chocolate mudah tengik dan rusak karenanya beli secukuonya dan selalu simpan dalam wadah kering bertutup rapat.

Baca juga: Brownies Bisa Disajikan Jadi 3 Kue Natal yang Praktis dan Cantik (lus/odi)
FOKUS BERITA Kue-Kue Natal Lezat