Tidak Hanya Renyah Manis, Rambutan Juga Punya 5 Khasiat Sehat Ini

Devi Setya - detikFood Senin, 03 Des 2018 18:35 WIB
Foto: istock
Jakarta - Saat ini sedang musim buah rambutan. Buah ini dijual dengan harga murah meriah dna mudah didapat. Tak cuma enak, rambutan juga kaya nutrisi.

Jenis rambutan yang populer di Indonesia juga terbilang banyak. Sebut saja rambutan rapiah, rambutan si nyonya, rambutan antalagi hingga rambutan binjai.

Dilansir dari BoldSky (3/12) buah rambutan punya banyak kandungan vitamin C, menurunkan berat badan hingga membersihkan ginjal. Simak ulasan berikut untuk tahu segudang manfaat rambutan.

1. Sumber energi
Tidak Cuma Enak, Rambutan Juga Punya 5 Manfaat IniFoto: istock

Rambutan mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi. Nutrisi ini mampu memasok energi untuk tubuh. Belum lagi kandungan vitamin B pada buah rambutan yang meningkatkan metabolisme energi.

Rambutan juga punya rasa yang manis dan kandungan gula ini juga berperan dalam memasok energi pada tubuh. Jadi kalau merasa lemas bisa tingkatkan energi dengan menyantap rambutan. Gula alami pada buah ini juga terbilang aman dikonsumsi.

Baca juga : Mumpung Lagi Musim, Ini 5 Jenis Rambutan Manis Renyah yang Bisa Dipilih

2. Kaya vitamin C dan serat
Buah rambutan matang memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Antioksidan ini berperan melawan radikal bebas. Vitamin C juga membantu proses penyerapan zat besi.

Jika zat besi bisa terserap optimal, maka kualitas darah akan meningkat. Komponen pembentuk kolagen dalam vitamin C juga membantu menguatkan tulang dan sendi.

Buah rambutan juga kaya serat. Ini membantu sistem pencernaan yang berdampak positif untuk sistem buang air. Rambutan juga membantu mengurangi sembelit dan susah buang air besar.

3. Membersihkan Ginjal
Kandungan fosfor pada rambutan membantu menyaring limbah yang menumpuk pada tubuh. Selain itu kandungan mineral pada rambutan juga aktif mebuat ginjal berfungsi dengan baik.

Konsumsi buah rambutan ini tentu saja harus sesuai porsi. Kalau terlalu banyak juga tak baik untuk kesehatan.

4. Menurunkan berat badan
Tidak Cuma Enak, Rambutan Juga Punya 5 Manfaat IniFoto: istock

Kabar baik bagi yang tengah menjalani program diet. Karena buah rambutan terbukti bisa menurunkan berat badan.

Rambutan tinggi serat yang bisa melunturkan lemak dalam tubuh. Apalagi rambutan juga tinggi air yang mampu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Bagi wanita, rambutan juga punya manfaat bagi ibu hamil. Buah rambutan yang manis asam dan segar membantu mengurangi efek mual dan pusing yang biasa dirasakan pagi hari.

Rambutan juga membantu menjaga kualitas dan kuantitas hemoglobin. Reaksi gatal yang dialami ibu hamil juga bisa dikurangi dengan mengonsumsi rambutan.

Baca juga : Karena Mirip Kata Durian dan Rambutan, Nama Dua Bocah Ini Jadi Viral

5. Meningkatkan kualitas sperma
Tidak Cuma Enak, Rambutan Juga Punya 5 Manfaat IniFoto: istock

Sebuah penelitian mengungkap jika mengonsumsi buah rambutan memiliki pengaruh positif untuk produksi sperma. Kandungan vitamin C pada rambutan membantu para pria memproduksi sperma lebih baik sehingga meningkatkan kemungkinan hamil ppada wanita.

Rambutan juga mampu meningkatkan kesehatan jantung. Nutrisi pada rambutan yang aktif membersihkan radikal bebas yang meminimalisir resiko datangnya penyakit jantung hingga stroke.

Nutrisi ini juga memperbaiki dinding pembuluh darah yang rusak. Aliran darah juga lebih lancar dengan produksi darah yang lebih berkualitas.

(dvs/odi)