Keren! Koki Cilik Ini Tetap Semangat Masak Meski Terkena Miopati

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 03 Des 2018 12:52 WIB
Foto: Facebook Omar Archane
Jakarta - Bocah asal Maroko ini viral di media sosial karena ia kerap membagikan video memasaknya. Meski dengan keterbatasan fisik, ia tetap semangat memasak.

Kisah inspiratif datang dari seorang bocah yang gemar masak. Meski usianya baru 13 tahun, ia bisa menginspirasi banyak orang. Omar Archane didiagnosa penyakit langka bernama miopati. Miopati merupakan penyakit otot yang menyebabkan otot lemah hingga terjadi kelumpuhan.

Keren! Koki Cilik Ini Tetap Semangat Masak Meski Terkena MiopatiFoto: Facebook Omar Archane
Karena itulah, Omar selalu duduk di kursi rodanya. Walau begitu, kecintaannya pada dunia masak membuat dirinya dikenal orang banyak. Ia kerap mengunggah video tutorial masak di laman Facebook dan channel YouTubenya. Videonya sudah ditonton oleh ribuan orang.

"Saya memasak karena saya seorang juru masak, saya mulai masak pada usia 5 tahun. Dan saya memiliki laman Facebook dan channel YouTube pada usia 7 tahun. Kenapa? Karena saya harus menggunakan tangan saya sebab saya tak bisa berjalan. Jadi saya mengidap penyakit bernama miopati," jelas Omar.

Awalnya sang ibu, Loubna Lachkar yang menyuruhnya untuk mulai membuat roti sebagai salah satu terapi agar otot tangannya tetap berfungsi dengan baik. Kemudian Lachkar mengunggah video masak Omar ke media sosial.

Keren! Koki Cilik Ini Tetap Semangat Masak Meski Terkena MiopatiFoto: Facebook Omar Archane
Baca juga: Inspiratif! Pria Kerdil Ini Raup Rp 27,6 Juta Per Hari dari Jualan Kebab

"Saya tak akan menyembunyikan yang sebenarnya, kami hidup dalam kesedihan dan air mata dalam satu periode. Di saat yang sama kami berpikir apa yang harus dilakukan selanjutnya. Saya memberitahu Omar untuk menilai suatu hal negatif lewat sisi positifnya meskipun saya tak dalam situasi seperti itu," ungkap Lachkar pada African News (30/11).

Setelah ia menyampaikan hal itu, Omar mulai bersemangat hingga dapat menjalani hobinya sebagai seorang koki cilik.

"Dengan berjalannya waktu, Omar memperlihatkan pada saya bahwa hal itu benar adanya. Semua tergantung kita, kita yang putuskan akan hidup di dalam lingkungan negatif atau positif. Hal yang negatif harus dilihat lewat sesuatu yang positif agar kita bisa hidup dalam keadaan positif," pungkas Lachkar.

Keren! Koki Cilik Ini Tetap Semangat Masak Meski Terkena MiopatiFoto: Facebook Omar Archane
Omar bahkan jadi pemimpin kelas memasak di sekolahnya. Omar bahkan memberikan semangat bagi siapapun yang memiliki keterbatasan fisik sepertinya. Ia berujar, "Saranku, tetaplah tersenyum dengan hati bukan dengan bibir. Kedua, tetap berpikir positif, misalnya nilai semuanya dengan kebaikan bukan dengan keburukan. Dan ketiga, tetap bermimpi. Karena jika Anda ingin melakukan sesuatu, Anda harus mencoba dan mencobanya berkali kali hingga Anda menjadi apa yang Anda inginkan."

Karena kisahnya ini, Omar memenangkan penghargaan sebagai 'Personality of the Year' di ajang Morocco's Web Awards. Mimpinya tak lain dan tak bukan ialah menjadi seorang chef profesional dan ia ingin mengelola sebuah tim sepakbola.

Baca juga: Inspiratif! Restoran Ini Sediakan Menu Braille untuk Pelanggan Tuna Netra




Keren! Koki Cilik Ini Tetap Semangat Masak Meski Terkena Miopati
(dwa/odi)