Sarapan Tradisional

Sarapan Enak dan Sehat dengan Nasi Ampog dari Madura

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 29 Nov 2018 07:05 WIB
Foto: Instagram fifiwijaya2904
FOKUS BERITA Sarapan Tradisional
Jakarta - Main ke Madura bisa sarapan enak dengan nasi ampog. Diracik dari beras plus jagung, nasi ampog juga diberi lauk lengkap.

Setiap daerah di Indonesia punya menu sarapan khas, termasuk Madura. Pulau di timur laut Jawa Timur ini mengenal menu nasi ampog untuk pengisi perut di pagi hari.

Nasi ampog diracik dari dari campuran nasi putih dan tumbukan kasar biji jagung. Kedua bahan dimasak bersama. Pemakaian pipilan jagung membuat rasa nasi ampog sedikit manis.

Sarapan Enak dan Sehat dengan Nasi Ampog dari MaduraFoto: Instagram myyellowprincess

Baca Juga: Serba Ikan! Sarapan Laksan hingga Celimpungan yang Gurih di Palembang

Sebenarnya dahulu nasi ampog terbuat murni dari jagung, namun perubahan selera masyarakat membuat penjual mencampurkan nasi putih pada racikan nasi ampog.

Mengenai bahan utamanya, jagung sangat mudah didapat di Madura karena hasil jagung di pulau ini berlimpah. Sebaliknya hasil padi di Madura cenderung minum sehingga jagung lebih umum dikonsumsi di sana.

Nasi ampog makin sedap karena disajikan dengan pembungkus daun pisang. Lauk pauknya beragam seperti ikan asin, ikan goreng, urap, daging, telur petis, sayur lodeh, pepes, rempeyek udang, sambal hingga bihun. Lauk pauk ini bisa berbeda di tiap daerah di Madura.

Di Bangkalan, misalnya, nasi ampog umum dinikmati dengan tongkol sengkeseng. Berupa ikan tongkol yang ditumis bersama tomat, bawang merah dan sayuran.

Seporsi nasi ampog biasanya dihargai murah meriah, mulai dari Rp 5.000. Penjualnya kebanyakan ditemui di pasar-pasar tradisional.

Sarapan Enak dan Sehat dengan Nasi Ampog dari MaduraFoto: Instagram rade_evapanjaitan

Banyak orang menyukai racikan nasi ampog karena dianggap membuat kenyang lebih lama dibanding nasi putih. Selain itu, nasi ampog juga dikabarkan baik dikonsumsi penderita diabetes.

Tak hanya nasi ampog, Madura khususnya kabupaten Bangkalan punya nasi serpang yang jadi favorit. Nasi ini diracik dari nasi putih, telur asin, kerang, dendeng sapi, soun, pepes tongkol udang, tahu dan kerupuk kulit sapi kuah santan, peyek kacang dan udang. Tak ketinggalan sambal terasi yang pedas nikmat.

Nasi Serpang biasanya dijajakan sejak pukul 6 pagi. Salah satu tempat untuk menikmatinya adalah di pinggir Jalan Panglima Sudirman, Bangkalan. Harganya sekitar Rp 15.000 untuk nasi berlauk lengkap ini.

Baca Juga: Ada Nasi Kuning hingga Buroncong Legit Buat Sarapan di Makassar

(adr/odi)
FOKUS BERITA Sarapan Tradisional

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com