Science City India Sedang Buat Robot Pramusaji Canggih

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 23 Nov 2018 12:30 WIB
Foto: BCCL
Jakarta - Science City, India akan menghadirkan robot canggih terbaru. Robot itu akan menambah koleksi Robotics Gallery di sana. Seperti apa bentuknya?

Berbeda dengan robot yang sudah ada, robot ini nantinya akan melayani pengunjung dalam kafetaria. Mereka akan mengantar makanan dan minuman yang dipesan pengunjung.

Meski belum rampung secara keseluruhan, saat ini pengerjaan robot pramusaji itu sudah mencapai 70%.

Science City India Sedang Buat Robot Pramusaji Canggih Foto: BCCL
Karenanya robot ini akan diuji coba pada pameran teknologi mutahir yang akan berlangsung bersamaan dengan Vibrant Summit pada Januari 2019.

Hal ini mencuat lantaran terdapat video berisi dua robot yang menyajikan teh bagi para tamu. Video itu viral dan diperbincangkan penduduk Gujarat terlebih di sekitar wilayah Ahmedabad.

Baca juga: Keren! Ini Restoran Hotpot Robot Pertama di Dunia

Berdasarkan keterangan pihak berwenang Gujarat, video tersebut merupakan video demonstrasi robot pramusaji yang dapat memahami perintah tertentu sekaligus mengeksekusinya.

Science City India Sedang Buat Robot Pramusaji Canggih Foto: BCCL
Direktur Eksekutif Science City Gujarat, SD Vora, mengatakan bahwa robot tersebut dibuat dengan wajah yang emotif. Terdapat panel perintah di bagian badannya. Robot itu juga memiliki dua lengan yang melekat dengan dua buah nampan.

"Para robot dapat berjalan di atas lantai dan berjalan sesuai dengan jalur yang sudah terprogram. Ide dibalik hal ini merupakan cara untuk mengintip apa saja yang bisa dilakukan oleh para robot," jelas Vora pada The Economic Times (22/11).

Science City India Sedang Buat Robot Pramusaji Canggih Foto: BCCL
Para ahli yang terlibat dalam pembuatan robot ini juga menjelaskan bahwa mereka memprogram alur jalan robot. Hal itu dibuat berdasarkan tata letak ruangan. Sehingga para robot bisa mengantar makanan ke tempat yang ditetapkan.

Lebih lanjut para ahli menambahkan bahwa uji coba tahap awal berjalan dengan baik. Itu karena adanya modifikasi pada sistem bawaan yang berasal dari China.

Hal lain yang bisa dilakukan robot ini ialah berinteraksi dengan para pengunjung. Robot pelayan akan masuk dalam bagian robotic Gallery yang dapat berjalan dalam ruangan 10.000 meter persegi.

Proyek ini menelan biaya sebesar 126 juta rupe (Rp 25.8 miliar). Sebab tak hanya robot pramusaji saja, tapi juga robot menari, melukis hingga bermain hockey.

Baca juga: Canggih! Ada Robot yang Bisa Bikin Omelet Selama 1,5 Menit




Science City India Sedang Buat Robot Pramusaji Canggih


(dwa/odi)