Seniman Ini Buat Cokelat yang Terinspirasi dari Kombinasi Rasa Hong Kong dan Australia

Devi Setya - detikFood Rabu, 21 Nov 2018 19:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Seorang seniman kuliner membuat cokelat yang memiliki rasa unik. Paduan cita rasa unik antara kuliner Hong Kong dan Australia. Seperti apa hasilnya?

Dikabarkan SCMP (21/11) seniman bernama Ryan Foote membuat cokelat berbentuk 3D. Foote banyak menghabiskan waktu di Hong Kong dan Australia. Dua negara ini kemudian menginspirasi dirinya untuk membuat makanan yang menghadirkan cita rasa kedua negara ini.
Seniman Ini Buat Cokelat yang Terinspirasi dari Kombinasi Rasa Hong Kong dan AustraliaFoto: Istimewa
Baca juga : Gerai Cokelat Ini Bikin Cokelat Pizza, Burger hingga Sushi yang Unik

Foote sejatinya adalah pengrajin keramik yang berfokus pada seni patung. Namun jiwa kreatifitasnya menggelitik ia untuk menjajal seni yang dihadirkan lewat makanan.

Pria ini lalu mengombinasikan berbagai bahan makanan khas Australia seperti dark chocolate, saus lemon, es krim macademia dan alpukat. Lalu cokelat ini dibuat dengan isian bahan ala Hong Kong seperti char siu yang biasa digunakan sebagai bumbu daging panggang Asia.

"Saya suka membuat dessert, semua orang ingin mencicipi kuliner yang rasanya berani. Makanan yang rumit juga menjadi satu tantangan," kata pria 34 tahun ini.

Tak hanya menghadirkan rasa yang unik, Foote juga menghadirkan bentuk yang menarik. Cokelatnya dibentuk 3 dimensi dengan bentuk bulat-bulat dan kerucut runcing.

Bentuk cokelat yang artsy ini menunjukkan kalau cokelat dibuat oleh seniman dengan selera yang tinggi.
Seniman Ini Buat Cokelat yang Terinspirasi dari Kombinasi Rasa Hong Kong dan AustraliaFoto: Istimewa

Baca juga : Cokelat Termahal dan Produsen Cokelat Terbesar di Dunia, Ini Fakta Unik Cokelat (1)

Cokelat ini dibuat dalam jumlah terbatas namun dijual sesuai pesanan. Karena dibuat secara premium, cokelat ini dijual dengan harga yang lebih tinggi. "Cokelat ini untuk orang-orang yang menghargai desain dan suka mencoba hal baru pada makanan," kata Foote.

"Saya ingin menciptakan sesuatu yang mencerminkan budaya makanan Kanton." lanjut Foote. Sekotak cokelat isi empat potong dijual dengan harga HK $ 268 (Rp 500 ribu) dan sekotak cokelat isi sembilan potong seharga HK $ 415 (Rp 774 ribu). (dvs/odi)