Istimewa untuk Valentine

Cokelat Termahal dan Produsen Cokelat Terbesar di Dunia, Ini Fakta Unik Cokelat (1)

Annisa Trimirasti - detikFood Selasa, 14 Feb 2017 17:22 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: Thinkstock / Pinterest Foto: Thinkstock / Pinterest
Jakarta - Hari Valentine identik dengan cokelat sebagai simbol cinta. Tak hanya berbentuk hati, cokelat Valentine juga punya fakta unik.

Sejarah hari Valentine dunia dapat ditelusuri kembali hingga Roma kuno. Ada festival Lupercalia, festival kesuburan, dirayakan pada tengah Februari. Kemudian pada 200-300 sebelum masehi, ada 2 tokoh kristiani yang dikenal sebagai Valentine disiksa dan pada akhir 400 an, Paus Gelasius menyatakan 14 Februari menjadi hari penghormatan untuk Saint Valentine.

Praktek ini terus berlangsung hingga 1300 an dan pada 1800 an St. Valentine's Day menjadi terkait dengan cinta dan pertukaran kartu ucapan. Namun tidak ada jawaban pasti mengapa cokelat berhubungan dengan Valentine di budaya Eeopa. Hubungan ini justru ada dalam peradaban lain, suku Aztek.

Kaisar Montezuma dari Aztek percaya cokelat dapat tingkatkan gairah. Suku ini menggunakan cokelat dalam upacara pernikahan. Bahkan Casanova, pencinta paling terkenal dalam sejarah juga menyukai cokelat.Lebih banyak fakat tentang cokelat diungkap oleh yahoo.com (14/2/17) berikut ini. (ani/odi)