Momen Menteri Susi Saat Sarapan Ikan hingga Tenggelamkan Kapal

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 21 Nov 2018 18:10 WIB
Foto: Instagram dan Twitter Susi Pudjiastuti Foto: Instagram dan Twitter Susi Pudjiastuti
Jakarta - Susi Pudjiastuti punya banyak 'momen' bersama ikan. Mulai dari sarapan ikan hingga mendapat kiriman ikan dari pejabat lainnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan ini emang doyan makan ikan. Ia kerap membagikan momen makan ikan di media sosial. Berikut beberapa hal terkait Susi Pudjiastuti dan ikan.

1. Sarapan Ikan

Momen Menteri Susi Saat Sarapan Ikan hingga Tenggelamkan Kapal Illegal FishingFoto: Instagram Susi Pudjiastuti
Pertengahan Oktober lalu, Susi melahap ikan lemuru sebagai menu sarapan saat ada sedang di Bali. Saat itu, tersaji beberapa hidangan dihadapannya, rata-rata berbahan dasar ikan. Terlihat beberapa ikan goreng, ikan asam pedas dan piring berisi tulang ikan yang dagingnya baru saja dimakan Menteri nyentrik ini.

Susi menjelaskan, ikan yang disantapnya ini adalah jenis ikan lemuru yang diperolehnya dari nelayan Pengambengan, Jembrana, Bali. Ia juga menyebutkan bahwa ikan itu mengandung banyak lemak baik.

Uniknya, gaya makannya persis gaya makan orang di warteg. Mengenakan kaus lengan panjang dan bergaya kasual, Susi duduk dengan satu kaki naik ke atas kursi.

2. Dapat kiriman mangut ikan manyung

Momen Menteri Susi Saat Sarapan Ikan hingga Tenggelamkan Kapal Illegal FishingFoto: Istimewa
Susi Pudjiastuti mendapat kiriman hidangan khas Semarang, Mangut Ikan Manyung. Sajian itu dikirim oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Semua berawal dari video yang diunggah ganjar di Instagram pribadinya. Ia dan beberapa menteri dan anggota DPR RI terlihat melahap mangut ikan manyung.

Ganjar mengaku mengancam mereka dengan ancaman khas Menteri Susi, 'saya tenggelamkan kalau tidak makan ikan'. Cuitan itupun mendapat balasan oleh Susi, "Tapi tidak pernah kirim satu kalipun ke Jakarta. Bicara saja bikin ngilerrr." Keesokan harinya, paket berisi mangut ikan manyung sudah sampai di tangan Susi.

3. Kirim ikan untuk korban gempa

Momen Menteri Susi Saat Sarapan Ikan hingga Tenggelamkan Kapal Illegal FishingFoto: Grandyos Zafna
Makanan yang disumbangkan untuk korban gempa biasanya berupa mie instan hingga makanan dalam kemasan lainnya. Tapi tidak bagi Susi Pudjiastuti. Pasalnya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengirimkan bantuan berupa ikan ke wilayah terkena dampak gempa Sulawesi Tengah.

Jumlah ikan yang dikirim kementerian di bawah pimpinan Susi ini tak sedikit, yakni sebanyak 48 ton. Puluhan ton ikan itu akan dikirimkan ke Palu, Donggala, Sigi, dan sekitarnya.

4. Makan ikan tanpa duri

Momen Menteri Susi Saat Sarapan Ikan hingga Tenggelamkan KapalFoto: Iin Yumiyanti/detikcom
Lantaran banyak orang yang malas makan ikan karena banyak durinya, Susi mengiklankan salah satu UMKM warga. Dalam sebuah video yang diunggah di Instagram pribadinya ia mengatakan, "Kawan-kawan kemarin di Twitter banyak yang takut makan ikan karena durinya. Nah, Bapak Rifai ini jualan ikan goreng tepung bandeng yang tidak ada durinya lagi. Jadi tidak ada alasan untuk tidak makan ikan."

Diakhir video, lagi-lagi ia menjelaskan bahwa, 'Tidak makan ikan, saya tenggelamkan'. Ia juga menjelaskan manfaat yang dirasa tubuh jika rutin konsumsi ikan.

5. Sidak dilaut Indonesia

Momen Menteri Susi Saat Sarapan Ikan hingga Tenggelamkan Kapal Illegal FishingFoto: Dok. Humas KKP
Untuk menjaga laut Indonesia dari para pencuri ikan, Susi Pudjiastuti punya satu kebijakan tegas. Susi melakukan penenggelaman pada semua kapal yang kedapatan tengah melakukan illegal fishing.

Dengan adanya peraturan ini, tercatat sebanyak 488 kapal yang sudah ditenggelamkan pemerintah RI selama periode Oktober 2014 hingga Agustus 2018. Menteri Susi bahkan menenggelamkan sebanyak 125 kapal illegal fishing di bulan Agustus lalu. Berdekatan dengan ulang tahun (HUT) RI ke-73. (dwa/odi)