Jajanan Era 90'an

Ini Jajanan Jadul yang Tetap Hits Kekinian Hingga Sekarang

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 21 Nov 2018 15:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Jajanan Era 90'an
Jakarta - Berjaya sebagai jajanan jadul digemari generasi 90'an. Deretan makanan ini justru tetap hits, dan muncul versi kekiniannya yang digemari generasi zaman now.

Dulu jajanan seperti kue cubit, telur gulung, hingga cilok hanya bisa ditemui di depan sekolah. Tapi kini jajanan jadul ini, sudah bertransformasi menjadi makanan kekinian dengan aneka varian yang wajib dicoba.

Baca Juga: Bikin Kangen! 5 Jajanan Gurih Era 90'an yang Murah dan Mengenyangkan


1. Lidi

Ini Jajanan Jadul yang Tetap Hits Kekinian Hingga SekarangFoto: Istimewa
Lidi-lidian atau mie lidi, merupakan camilan yang tak boleh terlewatkan oleh generasi 90'an. Dibuat dari bahan dasar tepung, dibentuk setipis lidi dan digoreng hingga garing. Disajikan dengan aneka bumbu asin atau pedas.

Teksturnya gurih dan renyah, harganya juga murah. Kini mie lidi kembali eksis, dan dipasarkan di toko online, hingga toko camilan. Variannya bumbunya juga beragam, ada rasa keju, BBQ, hingga ekstra pedas yang membakar lidah.


2. Kue cubit

Ini Jajanan Jadul yang Tetap Hits Kekinian Hingga SekarangFoto: Istimewa
Selain sarang laba-laba, kue cubit jadi jajanan hits di depan sekolah atau pinggir jalan. Biasanya banyak anak-anak yang lebih suka kue cubit setengah matang, sehingga lelehan dari adonan tepung dan meisjes bisa meleleh di mulut.

Kini hampir semua restoran atau kafe yang mengusung konsep tempat nongkrong, pasti menghadirkan menu kue cubit berbagai topping. Variannya tidak hanya meisjes cokelat saja, tapi ada greentea, kit kat, toblerone, keju, hingga dipadukan dengan es krim.


3. Telur gulung

Ini Jajanan Jadul yang Tetap Hits Kekinian Hingga SekarangFoto: Istimewa
Sederhana tapi selalu bikin kangen, telur gulung memang tidak pernah kehilangan penggemarnya sejak dulu hingga sekarang. Dulu telur gulung, hanya terdiri dari telur tipis yang digulung menggunakan tusukan lidi di atas minyak panas.

Kini telur gulung memiliki campuran yang tak kalah unik. Banyak penjual yang menggabungkannya dengan bihun, sosis, keju mozarella, kulit ayam, hingga paduan bumbu rendang dan takoyaki.


4. Leker

Ini Jajanan Jadul yang Tetap Hits Kekinian Hingga SekarangFoto: Instagram Eatventure
Manis, krispy, gurih, dan hangat itulah diskripsi rasa dari jajanan kue leker. Awalnya jajanan ini populer di Solo dan Semarang, tapi kini leker semakin populer. Bahkan isinya tidak hanya meisjes cokelat, dan keju saja.

Leker versi kekinian diisi dengan aneka topping yang royal dan melimpah. Seperti leker tumis isi sosis, telur, jagung manis. Ada juga topping lekker manis seperti cokelat dengan matcha, dan lelehan keju mozarella.


5. Cilok

Ini Jajanan Jadul yang Tetap Hits Kekinian Hingga SekarangFoto: Istimewa
Cilok adalah jajanan populer dari Jawa Barat, yang dibuat dari adonan tepung tapioka bersama bumbu lalu dibentuk bulat. Disajikan dengan saus pedas yang menambah rasa. Umumnya, jajanan ini disajikan di depan sekolah, isiannya juga polos.

Sekarang cilok sudah menjadi makanan hits, yang disajikan di banyak restoran. Untuk kreasi terbarunya ada cilok bakar, cilok isi daging sapi, cilok telur puyuh, hingga cilok beranak yang dijamin bikin kenyang.

Baca Juga: Sudah Langka! Ini 5 Jajanan Anak 90'an yang Manis Enak (sob/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Era 90'an