Jajanan Era 90'an

Bikin Kangen! 5 Jajanan Gurih Era 90'an yang Murah dan Mengenyangkan

Sonia Basoni - detikFood Senin, 19 Nov 2018 19:00 WIB
Foto: Ohelterskelter Foto: Ohelterskelter
FOKUS BERITA Jajanan Era 90'an
Jakarta - Di era 90'an banyak jajanan murah, juga mengenyangkan. Tidak hanya telur gulung atau arumanis saja, ada juga makanan gurih seperti burger hingga martabak mie.

Tidak hanya SD, banyak sekolah seperti SMP dan SMA yang dipenuhi oleh tukang jualan. Sehingga memori tentang aneka jajanan ini begitu membekas bagi banyak orang hingga sekarang, makanan yang ditawarkan juga beragam.

Meski harganya murah, tapi ternyata banyak jajanan yang populer di era 90'an yang cukup mengenyangkan. Berikut 5 jajanan gurih dari era 90'an yang penuh kenangan.

Baca Juga: 5 Jajanan Ini Dijamin Bikin Kangen Masa SD


1. Lumpia telur

Bikin Kangen! 5 Jajanan Gurih Era 90'an yang Murah dan MengenyangkanFoto: Istimewa/Instagram
Tampilannya mirip seperti omelete, tapi versi ekonomis dan jauh lebih gurih. Cara pembuatannya juga cukup sederhana, dan menggunakan bahan dasar kulit lumpia, telur ayam atau telur puyuh.

Pertama kulit lumpia diletakan diatas wajan yang telah dilumuri minyak panas, kemudian lumpia dibaluri telur yang sudah dikocok dan ditambahkan dengan irisan bawang daun serta garam. Setelah itu dilipat hingga matang, kemudian disajikan dengan sambal merah yang enak. Banyak juga pedagang yang menambahkan irisan kol agar lebih kenyang.


2. Martabak mie


Kalau belum kenyang makan telur gulung, biasanya anak-anak sStyrofoamekolah di era 90'an menyerbu tukang jualan yang menyediakan martabak mie mini. Sesuai namanya, jajanan hits yang satu ini menggunakan bahan dasar mie instan, telur, air, dan bumbu dari mie instan.

Caranya mie yang diseduh, dihancurkan lalu dicampurkan dalam kocokan telur. Kemudian digoreng di atas cetakan martabak mini, hingga garing kecokelatan lalu disajikan dengan saus kental. Dijamin bikin nagih, dan cukup mengenyangkan.


3. Mie sakura

Bikin Kangen! 5 Jajanan Gurih Era 90'an yang Murah dan MengenyangkanFoto: Instagram @tupaimakan
Mie instan paling legendaris dan digemari anak sekolah di era 90'an, bahkan hingga saat ini. Dulu banyak penjual yang menjajakan mie sakura, disajikan dalam wadah styrofoam mini yang dibelah dua, lengkap dengan sumpitnya.

Harga mie sakura jauh lebih murah dibandingkan mie instan lainnya, porsinya juga tidak terlalu banyak. Jadi cocok untuk disantap sebagai jajanan, hingga makanan ringan yang mampu mengganjal perut sebelum sampai di rumah dari perjalanan pulang sekolah.


4. Aneka gorengan


Aneka gorengan di sini, bukan berjenis pisang goreng, bakwan, atau tempe goreng. Tapi lebih ke sosis goreng, nugget, otak-otak, bakso, hingga kaki naga yang digemari banyak anak sekolah.

Tak sulit menemukan keberadaan tukang jualan yang menghidangkan menu ini. Dulu harganya dimulai dari Rp. 500 perak per tusuknya, tapi kini kisarannya mencapai Rp. 2.000 per tusuk. Aneka gorengan yang masih panas ini, tentunya lebih enak disantap dengan saus pedas dan bubuk cabe.


5. Burger mini

Bikin Kangen! 5 Jajanan Gurih Era 90'an yang Murah dan MengenyangkanFoto: Ohelterskelter
Bukan burger a la restoran, yang disajikan dengan renyahnya kentang gorengan dan beef patty tebal. Tapi kalau di depan sekolah, burger mini yang dijual cukup sederhana.

Meski sederhana, tapi banyak anak sekolah yang rela mengantre dan mengerubuti tukang jualan ketika membeli burger yang kisarannya Rp. 3.000,- hingga Rp. 7.000,-. Isinya hanya irisan daging burger kemasan, irisan tomat, mentimun, selada, dan saus hingga mayo. Tak lupa irisan bawang bombay, dan gurihnya olesan mentega. Hayoo, siapa yang suka jajanan satu ini?

Baca Juga: Siapa yang Pernah Ngemil Mie Kayak Gini? Anak 90'an Pasti Tahu! (sob/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Era 90'an