Jajanan Era 90'an

Sudah Langka! Ini 5 Jajanan Anak 90'an yang Manis Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 19 Nov 2018 18:20 WIB
Foto: Dewi Anggraini/detikFood Foto: Dewi Anggraini/detikFood
FOKUS BERITA Jajanan Era 90'an
Jakarta - Jajanan di zaman 90'an memang bikin kita bernostalgia. Sayangnya, jajanan enak ini semakin lama makin sulit ditemui. Karena tak ada lagi yang membuatnya.

Masih ingat dengan permen gulali atau es gosrok? Keduanya menjadi makanan favorit anak 90'an. Jajanan ini dulu banyak ditemui di sekolah-sekolah SD dan selalu diburu anak-anak. Berikut ini beberapa jajanan SD yang semakin lama kian langka. Mana yang kamu suka?

1. Permen gulali

Sudah Langka! Ini 5 Jajanan Anak 90'an yang Manis EnakFoto: Dewi Anggraini/detikFood

Sebelum mengenal lolipop, anak 90'an terlebih dulu dikenalkan dengan permen gulali. Permen tradisional ini dibuat dari campuran gula kental yang sudah dipanaskan kemudian dibentuk menjadi hewan, bunga hingga bentuk lainny. Umumnya adonan gulali berwarna merah dan hijau.

Dengan bantuan tangan dan gunting, penjual permen gulali pun dengan cepat membentuknya jadi bentuk kuda hingga burung. Sudah sangat jarang ditemui, permen gulali ini dibandrol dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 10.000 tergantung bentuknya.

Baca juga: Jajanan Manis Legit Permen Gulali yang Selalu Bikin Kangen

2. Rambut nenek

Sudah Langka! Ini 5 Jajanan Anak 90'an yang Manis EnakFoto: Dewi Anggraini/detikFood

Selain permen gulali, ada juga jajanan manis yang sering kita sebut dengan rambut nenek. Bahan dasar pembuatan rambut nenek ini pada dasarnya sama dengan gulali. Adonan gulali yang dilumuri dengan tepung ditarik beberapa kali sanpai bentuknya menyerupai lembaran rambut halus. Sekilas cara membuatnya seperti mie.

3. Es gosrok

Sudah Langka! Ini 5 Jajanan Anak 90'an yang Manis EnakFoto: Istimewa

Masih ingat dengan es gosrok? Es gosrok yang satu ini bukan seperti es buah dengan taburan es serut di atasnya. Dibuat dengan versi murah, anak generasi 90'an sering menikmati es gosrok dengan campuran sirup warna-warni. Es batu yang digosrok dengan kayu yang dilengkapi dengan mata pisau, parutan es pun dicetak dengan cetakan khusus beraneka bentuk.

Setelah itu, es yang sudah dicetak diberi stik es krim kemudian disiram dengan sirup warna-warni dengan rasa yang manis. Kalau zaman dulu harganya hanya Rp 500.

4. Es potong

Sudah Langka! Ini 5 Jajanan Anak 90'an yang Manis EnakFoto: Istimewa

Es potong atau yang disebut dengan es lilin memang sangat menarik. Dijual dengan gerobak sederhana, es lilin berukuran panjang ini dipotong sesuai dengan jumlah yang dibeli. Rasanya sangat bervariasi mulai dari cokelat, ketan hitam, alpukat, durian hingga vanilla. Yang menjadi spesial, es potong ini kemudian dicelupkan dengan saus cokelat yang enak. Mantap!

5. Agar-agar

Sudah Langka! Ini 5 Jajanan Anak 90'an yang Manis EnakFoto: Istimewa

Meskipun dibuat dengan bahan-bahan minimalis, tapi agar-agar dalam cetakan khusus ini jadi favorit anak 90'an. Agar-agar biasanya disajikan dalam warna merah atau hijau. Penjual agar-agar ini sudah menyediakan sendok dan setelah dimakan ditempat, cetakan agar-agar harus dikembalikan ke penjual.

Selain makan agar-agar, Anda juga bisa mengambil nomer yang nantinya bisa ditukarkan untuk mendapatkan mainan.

Baca juga: Yang Bikin Kangen dari Tahun 90'an, Aneka Camilan Kemasan Gurih! (lus/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Era 90'an