Jajanan Era 90'an

Yang Gurih dan Manis Legit, Ini 5 Jajanan Jadul yang Disukai Banyak Orang

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 19 Nov 2018 16:33 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/ detikfood Foto: Lusiana Mustinda/ detikfood
FOKUS BERITA Jajanan Era 90'an
Jakarta - Umumnya jajanan jadul ini punya rasa yang enak dan harga yang murah meriah. Dulu, umumnya sering dijajakan di area sekolahan atau pun berkeliling.

Meski terbuat dari bahan yang sederhana, 5 jajanan jadul ini punya rasa yang sedap. Saat ini, beberapa pedagang masih menjual jajanan ini. Beberapa lainnya bikin kangen karena sulit ditemukan. Berikut 5 jajanan jadul yang populer dan disukai anak sekolahan era 90-an.

1. Kue Cubit

Yang Gurih dan Manis Legit, Ini 5 Jajanan Jadul yang Disukai Banyak OrangFoto: Instagram
Terbuat dari tepung terigu, telur, margarin cair, vanili bubuk, baking powder, dan susu cair, jajanan ini selalu laris manis. Apalagi saat dijajakan di lingkungan sekolahan. Adonan tadi dimasak dalam cetakan beragam bentuk. Mulai dari bentuk ikan, lonjong, bunga hingga bulat. Jika sudah matang, diberi taburan meisjes.

Dulu, ada dua pilihan tingkat kematangan kue cubit. Kue cubit matang dan setengah matang. Paling enak yang setengah matang karena lumer dimulut. Kini jajanan jadul ini dikembangkan menjadi jajanan yang modern. Kue cubit mulai banyak dijual di restoran dengan beragam topping kekinian. Menurut kamu, enakan kue cubit jadul atau kekinian?


2. Kue Ape

Yang Gurih dan Manis Legit, Ini 5 Jajanan Jadul yang Disukai Banyak OrangFoto: Lusiana Mustinda/ detikfood
Dulu, kue ini dijajakan dengan gerobak ataupun pikulan. Penjualnya biasa mangkal di area sekolahan. Tak sedikit juga yang berjualan sambil berkeliling ke pemukiman warga. Kue ape memiliki bagian pinggir yang renyah. Tapi bagian tengahnya lembut sedikit kenyal dan tebal.

Jajanan jadul ini terbuat dari adonan campuran tepung beras, santan, gula, vanili, air daun suji, dan daun pandan. Adonan cair itu dituang ke dalam wajan kecil kemudian diratakan bagian pinggirnya. Saat sudah berwarna kecokelatan di bagian pinggirnya, barulah kue ape diberi taburan meisjes cokelat. Karena dipanggang dalam wajan kecil di atas arang, kue ini memiliki aroma yang wangi. Tapi saat ini, kue ape tak lagi dimasak di atas arang, melainkan kompor gas.

3. Sate Kikil

Yang Gurih dan Manis Legit, Ini 5 Jajanan Jadul yang Disukai Banyak OrangFoto: dok. detikFood
Dulu, kalau mau makan sate yang murah meriah, pasti sate kikil jadi pilihan. Selain karena harganya yang murah, rasanya juga enak. Biasanya sate kikil dijual di gerobak. Proses pembuatannya sama seperti sate ayam. Dibakar di atas arang dan diberi bumbu kacang dan kecap manis.

Bedanya, jajanan murah meriah ini berisi potongan kikil sapi. Rasanya jadi kenyal-kenyal gurih. Paling enak dimakan selagi hangat dan ditambah sambalnya yang pedas. Kalau mau kenyang, beli sate dengan lontong. Sebenarnya tak hanya sate kikil, pedangan ini juga biasa menjual sate kulit ayam yang juicy.

4. Kue Rangi

Yang Gurih dan Manis Legit, Ini 5 Jajanan Jadul yang Disukai Banyak OrangFoto: Detikfood
Ini dia jajanan yang manis legit dan ngangenin. Karena saat ini, penjual kue rangi terbilang sudah sulit ditemukan. Kue rangi terbuat dari tepung sagu, kelapa parut, dan garam. Adonan ini kemudian dimasukkan ke dalam cetakan kue rangi.

Begitu matang, kue yang renyah gurih ini diberi lelehan kental 'selai' gula merah. Dulu, kue rangi dibakar menggunakan kayu bakar, jadi aroma kuenya khas dan sedap.

5. Kue Leker

Yang Gurih dan Manis Legit, Ini 5 Jajanan Jadul yang Disukai Banyak OrangFoto: dok. detikFood
Kata 'lekker' berasal dari bahasa Belanda yang artinya 'enak'. Bisa dibilang, lekker merupakan pancake ala Belanda. Nah, kue leker hadir sebagai pancake versi ekonomis. Sebab dulu, banyak orang yang tak mampu membeli bahan-bahan untuk membuat pancake.

Kue ini akhirnya dibuat dari campuran adonan tepung terigu dan tepung beras. Adonan tadi dituang ke wajan datar kecil lalu diputar agar adonannya menyebar ke seluruh permukaan wajan dengan rata. Setelahnya baru diberi taburan meisjes, parutan keju hingga potongan pisang. Rasanya manis legit renyah.


(dwa/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Era 90'an