Kedai Kaki Lima Jay Fai di Bangkok Kembali Masuk Daftar Michelin Guide Bangkok

Devi Setya - detikFood Jumat, 16 Nov 2018 14:20 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Daftar restoran terbaik di Bangkok baru saja dirilis. Salah satu yang masuk adalah makanan kaki lima Jay Fai yang berhasil mempertahankan bintang Michelin untuk tahun kedua.

Thailand memang surganya pencinta kuliner. Banyak makanan enak yang bisa dicoba mulai sekelas jajanan kaki lima hingga makanan mewah di restoran berkelas.

Dikabarkan Asia One (16/11) Michelin Guide Bangkok baru saja mempublikasikan 10 restoran terbaik di Thailand.
Kedai Kaki Lima Jay Fai di Bangkok Kembali Masuk Daftar Michelin Guide BangkokFoto: instagram
Baca juga : Ini Dia 7 Restoran Berbintang Michelin yang Punya Menu Termurah

Dari 10 daftar restoran tersebut, tercatat ada resto legendaris Methavalai Sordaeng. Restoran-restoran ini mendapat peringkat bintang Michelin yang beragam, namun belum ada yang mencapai bintang tiga.

Ada tiga restoran yang dilabeli bintang dua Michelin yakni Gaggan, Le Normandie dan Mezzaluna. Sementara restoran Suhring mendapat bintang dua, satu tingkat dibanding peringkat sebelumnya.

Sementara restoran Pru di Phuket merupakan satu-satunya restoran di Thailand Selatan yang mendapat satu bintang. Sedangkan restoran lainnya berada di tempat terkenal seperti di kawasan Raya dan Chomchan.
Kedai Kaki Lima Jay Fai di Bangkok Kembali Masuk Daftar Michelin Guide BangkokFoto: instagram
Beberapa restoran lainnya bernama Gaa, Kanvas, R. Haan, Saawan, Sorn, Ruen Panya dan Suan Thip. Tak hanya restoran, makanan kaki lima Jay Fai juga tercatat masuk destinasi kuliner terbaik di Thailand.

Ini adalah tahun kedua Jay Fai mendapat label bintang Michelin. Kedai kaki lima ini dikenal menyajikan hidangan seafood yang dimasak dengan wajan.

Meskipun sederhana, Jay Fai terbilang kedai legendaris yang sudah ada sejak tahun 1945. Pemiliknya adalah imigran China Raan Jay Fai yang awalnya berjualan khua kai atau mie ayam.

Mulai 1980-an Jay Fai berubah menyajikan hidangan yang lebih variatif seperti bubur, kwetiau dan makanan China lain yang diolahnya dengan mengandalkan resep dari sang ibu. Lambat laun kedai ini juga menyajikan olahan seafood, hidangan inilah yang kemudian membuat namanya tersohor.
Kedai Kaki Lima Jay Fai di Bangkok Kembali Masuk Daftar Michelin Guide BangkokFoto: instagram
Baca juga : Ini Raan Jay Fai, Penjual Crab Omelette di Bangkok yang Dapat Bintang Michelin

Kedai Jay Fai sendiri menempati sebuah ruko di jalan Maha Chai, Bangkok. Tidak ada yang mencolok, kedai ini hanya menempati bangunan sederhana dengan kursi dan meja makan sederhana juga.

Selain hidangannya yang enak, kedai ini juga terkenal dengan aksi Jay Fai saat memasak makanan. Wanita paruh baya yang terlihat aktif ini selalu mengenakan kacamata ski saat memasak.
Kedai Kaki Lima Jay Fai di Bangkok Kembali Masuk Daftar Michelin Guide BangkokFoto: instagram
Sebagai kedai kaki lima, Jay Fai memang mematok harga makanannya agak tinggi, ini dilakukan karena ia mengutamakan kualitas seafood yang digunakan.

Beberapa hidangan yang terkenal adalah omelet daging kepiting, sukiyaki seafood, tom yum, stir fried prawn with yellow curry dan lain sebagainya.




Tonton juga 'Tokyo Jadi Kota dengan Restoran Peraih Bintang Michelin Terbanyak di Dunia':

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)