Ani Yudhoyono dan Mayangsari Asyik Cicip Durian, Mana yang Paling Legit?

Devi Setya - detikFood Rabu, 07 Nov 2018 16:28 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Banyak pencinta durian lokal, termasuk Ani Yudhoyono dan Mayangsari yang pamer momen saat menikmati durian. Ada beragam jenis durian lokal yang dicicipi, mana yang paling enak?

Lewat akun instagramnya @aniyudhoyono, istri SBY ini baru saja memposting foto saat ia mencoba beberapa jenis durian lokal. Total ada empat jenis durian yakni jenis durian Kali Gesing, Durian Bagelen, Durian Mergoyoso dan Durian Banjarnegara.
Ani Yudhoyono dan Mayangsari Asyik Cicip Durian, Mana yang Paling Legit?Foto: Instagram Ani Yudhoyono
Baca juga : Penggila Durian Harus Mampir Mencicipi Aneka Olahan Durian di Sini

"Siapa yang tidak suka Durian? Orang bilang baunya menyengat namun rasanya nikmat. Di sela tour yang lalu, Pak SBY dan saya sempat mencicipi:

Foto 1, Durian Kali Gesing, Purworejo, dari bapak Tri Hariawan. Purworejo memang terkenal penghasil Durian yang bagus. Selain Kali Gesing, ada Durian Bagelen dan Mergoyoso.
Foto 2, Durian dari Banjarnegara yang dulu pernah mendapat predikat juara. Warnanya kuning, dagingnya tebal dan rasanya legit," tulis ibu dari Agus dan Ibas ini.

Postingan ini terdiri dari dua foto. Foto pertama menunjukkan SBY dan Ani tengah berbincang dengan penjual durian sementara foto kedua menunjukkan SBY dan Ani asyik berpose sambil memegang buah durian.

Foto ini lantas menuai banyak tanggapan netizen, banyak yang mengungkapkan rasa senang karena mantan presiden Indonesia dan istri sudah mencicip durian lokal yang kualitasnya tak kalah dengan durian impor.

"Makasih pak SBY dan Ibu Ani sudah ke Purworejo dan mencicip durian," kata satu netizen.

"Saya dari kaligesing bu Ani, Alhamdulillah dibesarkan dari sebagian besar hasil duren kaligesing," sahut netizen asli Kaligesing.

Purworejo memang dikenal sebagai sentra penghasil durian. Ciri durian asal Purworejo ini berbau harum menyengat dengan rasa yang manis.

Durian Kaligesing memiliki bentuk bulat lonjong dengan duri pendek dan rapat, warna durian ini hijau kekuningan. Durian ini punya kulit yang tipis dan daging yang tebal berwarna kuning. Rasanya dominan manis agak pahit.
Ani Yudhoyono dan Mayangsari Asyik Cicip Durian, Mana yang Paling Legit?Foto: Instagram Mayangsari
Demikian juga dengan durian Bagelen dan Mergoyoso yang sama-sama datang dari Purworejo. Keduanya memiliki karakteristik yang mirip dengan durian Kaligesing.

Sementara jenis durian dari Banjarnegara juga tak kalah unggul. Selain rasanya yang manis legit, durian Banjarnegara dikenal dengan dagingnya yang tebal berwarna keemasan dengan biji yang kecil.

Durian Banjarnegara juga memiliki daging yang lembut pulen, teksturnya agak berserat dengan kadar air yang sedikit. Ukurannya tak besar hanya berdiameter 15 cm, tak heran kalau satu butir durian Banjarnegara biasa dihabiskan satu orang.

Baca juga : Menikmati Durian Kucing Ngruwel di Purworejo
Ani Yudhoyono dan Mayangsari Asyik Cicip Durian, Mana yang Paling Legit?Foto: Instagram
Masih heboh terkait durian, selain SBY dan Ani Yudhoyono, ternyata Mayangsari juga suka durian. Ia bahkan punya pohon durian di rumahnya yang sudah berhasil panen.

"Meskipun hasilnya belum berlimpah tp menikmati hasil kebun sendiri itu happynyaaaaa warrrrrbiasaahhhhh. Alhamdulillah," kata Mayangsari seraya memamerkan pohon dan buah durian lewat instagramnya.

Nah kalau Anda bagaimana, durian mana yang paling jadi favorit?




Tonton juga 'Mencoba Makanan Khas Medan, Durian!':

[Gambas:Video 20detik]


Ani Yudhoyono dan Mayangsari Asyik Cicip Durian, Mana yang Paling Legit?
(dvs/odi)