Artisan Bread yang Unik

Paratha, Artisan Bread yang Renyah Gurih dari India

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 06 Nov 2018 19:05 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Tak melulu dari Eropa, India juga punya artisan bread enak. Berupa flat bread bernama paratha yang sedap dimakan dengan kari.

Roti adalah sumber karbohidrat populer di India selain nasi basmati. Orang India menikmati roti sebagai makanan utama dengan aneka pendamping seperti mentega, acar, yogurt hingga kari.

Roti India ada banyak jenisnya. Salah satu yang terkenal adalah paratha yang punya sebutan lain roti canai atau maryam. Jenis flatbread ini secara harfiah berarti lapisan adonan matang.

Paratha, Artisan Bread yang Renyah Gurih dari IndiaFoto: iStock

Baca Juga: Chapati dan Naan, Roti Gurih khas India

"Bahannya tepung terigu atau tepung gandum, telur, minyak, air dan garam," kata Chef Surendra Singh dari Pullman New Delhi kepada detikFood (6/11). Proses pembuatan roti yang hanya dengan tangan membuat paratha juga tergolong artisan bread.

Chef Surendra mengatakan dalam pembuatannya adonan paratha dibentuk bulat lalu dipipihkan dengan rolling pin. Adonan lalu dilipat-lipat dan dipanggang. Proses pemanggangan paratha secara tradisional menggunakan tandoor.

Tandoor adalah oven tradisional India. Biasanya dibuat dari tanah liat dengan sumber panas berasal dari arang atau kayu bakar.

Paratha, Artisan Bread yang Renyah Gurih dari IndiaFoto: iStock

Menurut Chef Surendra pemanggangan paratha dengan tandoor menghasilkan tekstur garing pada flatbread ini. Selain garing, paratha juga beraroma smokey. Namun untuk versi praktis, paratha juga bisa dipanggang di atas wajan datar dengan mentega.

"Paling enak makan paratha dengan tangan. Lauknya bisa apa saja, tapi yang umum adalah kari ayam atau domba," pungkas Chef Surendra.

Baca Juga: Awal Mula Kepopuleran Artisan Bread di Amerika Serikat




Tonton juga 'Mau Makan Roti dari Tepung Jangkrik?':

[Gambas:Video 20detik]



Paratha, Artisan Bread yang Renyah Gurih dari India
(adr/odi)