Artisan Bread yang Unik

Sebenarnya, Apa Itu Artisan Bread? Ini Jawabannya

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 05 Nov 2018 13:10 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Banyak orang yang rela antre demi mendapat artisan bread favortinya. Tapi tahu kah Anda apa yang dimaksud artisan bread? Berikut penjelasannya.

Meski sudah populer, banyak orang yang masih kurang paham apa yang dimaksud artisan bread. Kebanyakan hanya paham bahwa artisan bread lebih menyehatkan dan mudah dicerna oleh tubuh dibanding roti pada umumnya.

Padahal artisan bread dibuat oleh artisan baker tanpa mesin alias dibuat oleh tangan artisan baker. Artisa baker sendiri merupakan orang yang membuat roti langsung dengan tangannya alias tanpa mesin. Hal itu pun dijelaskan oleh Professional Baker, Ian Chin.

Sebenarnya, Apa Itu Artisan Bread? Ini JawabannyaFoto: dokdetikFood
"Menurut saya itu sulit dideskripsikan, tapi artisan bread secara harfiah hanyalah roti yang dibuat dengan tangan. Roti yang dibuat menggunakan tangan serta dibuat dengan hati-hati dan dipanggang di tempat. Itulah yang dimaksud dengan artisan bread," jelas Consultan Baker BAEU itu pada detikFood (2/11).

Mengingat arti artisan bread, sebenarnya semua jenis roti masuk dalam kategori 'artisan bread'. Tentunya dengan catatan dibuat langsung oleh tangan artisan baker. Karena itu, menurut Ian, selama ini orang salah mengartikan apa yang dimaksud artisan bread.

Sebenarnya, Apa Itu Artisan Bread? Ini JawabannyaFoto: Istock
Jika bicara soal artisan bread, orang akan mengacu pada sourdough atau pun roti khas Eropa lainnya. Meski tak sepenuhnya salah, namun hal tersebut ternyata keliru.

"Banyak orang yang menganggap bahwa artisan bread itu harus seperti sourdough atau seperti roti Eropa. Tapi ini (artisan bread) hanyalah roti yang dibuat dengan tangan dan dibuat dengan sangat hati-hati. Bisa saja roti manis. Seperti halnya bakery di Jepang, membuat roti manis dengan teknik kuno menggunakan ragi alami, dibuat dengan tangan. Anda (juga) bisa menyebutnya artisan bread," terang Ian.

Selain soal jenis, artisan bread juga tak hanya dibuat dengan tepung wholegrain atau pun tepung bijian lain. Tak sedikit pula artisan bread yang dibuat dari adonan tepung terigu, terlebih di Indonesia. Sebab roti yang populer di sini rata-rata terbuat dari tepung terigu.

Sebenarnya, Apa Itu Artisan Bread? Ini JawabannyaFoto: Istimewa
"Kebanyakan artisan bakery membuat (roti) dengan tepung gandum atau biji-bijian. Tapi akan lebih sulit dilakukan di Indonesia. Orang di sini membuat bakpao, roti manis dari tepung terigu," jelasnya.

Lebih lanjut, Ian mengatakan bahwa keistimewaan artisan bread juga terletak dari bahan yang digunakan. Meski dibuat tanpa mesin, bahan yang digunakan haruslah bahan yang berkualitas.

Sebenarnya, Apa Itu Artisan Bread? Ini JawabannyaFoto: Istock
"Untuk membuat artisan bread yang lezat, dibutuhkan bahan-bahan yang berkualitas. Tepung yang paling berkualitas yang Anda miliki. Anda juga bisa membuatnya dari air mentah, dengan kualitas yang paling baik. Hanya memerlukan bahan-bahan yang berkualitas. Jadi Anda bisa menghasilkan roti yang lezat bagi konsumen," tambahnya.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa artisan bread hanyalah roti yang dibuat dengan tangan dan dibuat dengan bahan yang berkualitas. Tak heran kalau artisan bread memang lebih menyehatkan sekaligus lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Baca juga: Dibuat Secara Khusus, 'Artisan Bread' Mulai Digemari



Tonton juga 'Resep: Healthy Egg Bread with Avocado Cream':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)