Artisan Bread yang Unik

Dibuat Secara Khusus, 'Artisan Bread' Mulai Digemari

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 02 Nov 2018 13:00 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Pola hidup sehat membuat artisan bread digandrungi banyak orang. Meski begitu, masih banyak orang yang belum mengenal apa itu artisan bread.

Roti artisan jadi populer saat produk-produk artisan mulai dikenal orang banyak. Di dusun-dusun berbagai negara di Eropa roti dibuat secara khusus. Dengan tepung dari gandum yang ditanam sendiri. Dicampur bahan-bahan alami yang dibuat sendiri dan diolah dengan tangan. Jumlahnya sangatlah terbatas.

Dibuat Secara Khusus, 'Artisan Bread' Mulai DigemariFoto: Istock
Proses pembuatannya pun memerlukan waktu yang cukup lama makantak setiap saat bisa dinikmati. Penjualnya terbatas dan harganya relatif mahal.

Sesuai dengan arti kata artisan dalam bahasa Prancis yakni 'pengrajin'. Roti ini juga dibuat layaknya perajin seni. Satu per satu dengan kecermatan dan teknik yang tinggi oleh pembuat roti yang disebut artisan baker.

Karenanya artisan bread memiliki banyak kelebihan dibanding roti kemasan yang umum dijumpai. Terlebih dari segi nutrisi. Karena artisan bread dibuat tanpa bahan pengawet. Namun dari tepung biji-bijian utuh yang kaya serat. Aroma serta citarasa artisan bread pun khas dan terasa lebih lezat.

Dibuat Secara Khusus, 'Artisan Bread' Mulai DigemariFoto: Istock
Kini, artisan bread jadi pilihan banyak orang lantaran berkembangnya gaya makan sehat, vegan, rendah karbohidrat dan lainnya. Para artisan baker pun hanya membuat roti sesuai dengan pesanannya per hari.

Di Jakarta dan kota-kota besar lainnya artisan bread sudah memiliki banyak peminat. Tak heran kalau bermunculan banyak arisan bakery, baik dalam bentuk kedai roti offline atau pun online.

Dibuat Secara Khusus, 'Artisan Bread' Mulai DigemariFoto: Istock
Nah, kalau masih bingung soal artisan bread atau pun artisan bakery, simak saja ulasan khusus detikFood kali ini. Sebab detikFood akan memberi Anda informasi seputar artisan bread. Mulai dari awal mula, kepopuleran, perbedaannya dengan roti bijian lain yang dibuat dengan mesin hingga tempat di mana Anda bisa mendapat artisan bread berkualitas.

Jadi, pantau terus ulasan detikFood kali ini, ya!




Tonton juga 'Bakery Berkonsep Halal All Things Delicious':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)