Bisa Dikunyah dan Dikantongi, Ini Inovasi Sedotan Terbaru yang Stylish

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 01 Nov 2018 11:30 WIB
Foto: Chew Inc Foto: Chew Inc
Singapura - Makin banyak orang beralih ke sedotan ramah lingkungan. Inovasi terbaru, sedotan kini juga bisa dikunyah dan dikantongi!

Demi 'menyelamatkan' bumi dari sampah plastik, banyak orang mulai beralih membawa sedotan sendiri. Sedotan ini ramah lingkungan karena bisa dipakai berkali-kali.

Terinspirasi hal ini, 3 anak muda Singapura memberi nilai lebih pada sedotan ramah lingkungan. Lim Jing Jie, Tommy Cheong dan Kevin Yeo menciptakan sedotan ramah lingkungan yang lebih praktis digunakan.

Bisa Dikunyah dan Dikantongi, Ini Inovasi Sedotan Terbaru yang StylishFoto: Chew Inc

Baca Juga: Nyam! ini Sedotan Ramah Lingkungan Pertama di Dunia yang Bisa dimakan

Dikutip dari Business Insider (1/11), mereka mengklaim sedotannya mudah disimpan di saku. Ada juga silikon di bagian atas yang membuat sedotan bisa dikunyah saat dipakai minum.

Lim bercerita ide dibalik sedotan ini berawal dari pengamatannya akan banyak orang yang mengunyah sedotan plastik. Menurut Lim kebiasaan ini mungkin jadi penghambat seseorang beralih ke sedotan ramah lingkungan berbahan stainless steel yang keras.

Ketika Lim menyampaikan ide ini pada dua temannya, mereka sangat antusias. Dari situlah produk bernama Chew Inc. lahir.

Bisa Dikunyah dan Dikantongi, Ini Inovasi Sedotan Terbaru yang StylishFoto: Chew Inc

Bentuk Chew Inc. bukan memanjang seperti sedotan stainless steel pada umumnya. Sedotan ini bisa dipendekkan jadi dua bagian sehingga lebih praktis disimpan. Kotak pengemas Chew Inc. juga stylish dengan lubang di atasnya sehingga sedotan bisa digantung.

Tak hanya itu, fitur lubang juga ditujukan untuk memudahkan pengguna Chew Inc. saat meniriskan sisa air di sedotan. Pengguna bisa menaruh jari di lubang lalu memutar sedotan untuk mengeluarkan sisa air dari bekas pemakaian atau pencucian.

Dalam pengembangannya, Chew Inc. mencari dana lewat Kickstarter. Ketiga penciptanya menargetkan SGD 20.000 atau sekitar Rp 219,3 juta untuk memproduksi sedotan.

Bisa Dikunyah dan Dikantongi, Ini Inovasi Sedotan Terbaru yang StylishFoto: Chew Inc

Hasilnya dalam seminggu target tersebut sudah terlampaui. Jumlahnya bahkan terus bertambah tiap hari. Soal pemilihan pendanaan dari publik, Lim punya alasan sendiri.

"Kami percaya dalam membangun komunitas terlebih dahulu dan menghasilkan gaung secara organik. Bahkan jika kami mendapat investor eksternal, produk ini mungkin tidak dijual dan hanya akan jadi pemborosan investasi," kata Lim.

Hingga saat ini Chew Inc. belum dipasarkan secara komersil. Sedotan ramah lingkungan yang praktis ini masih terus dikembangkan sebelum tersedia luas di pasaran. Kamu tertarik beli?

Baca Juga: Minum Pakai Sedotan Plastik Bisa Bahayakan Kesehatan, Ini Sebabnya

(adr/odi)