Alain Ducasse Buka Restoran Dalam Kapal Pesiar Terbesar di Dunia

Riska Fitria - detikFood Rabu, 31 Okt 2018 09:54 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Chef Alain Ducasse membuat debut baru dengan restoran mewahnya. Kali ini restoran di dalam kapal pesiar mewah di atas sungai Seine.

Chef selebriti berdarah Prancis, Alain Ducasse kembali meluncurkan restoran mewah. Berbeda dari restorannya di Versailles, restoran yang baru ini berada di dalam kapal pesiar.

Diberi nama 'Haute Gastronomy Cruise', restoran mewah ini terletak di atas sungai Seine, Paris. Restoran baru, menu baru pula yang akan disajikan oleh chef yang sudah mendapat 21 bintang Michellin.

"Saya sedang mencari terus menerus untuk bahan-bahan baku, persiapan dan resep," ujar Alain.

Alain Ducasse Buka Restoran Dalam Kapal Pesiar Terbesar di DuniaFoto: Istimewa
Baca juga : Alain Ducasse Segera Buka Restoran di Versailles

Alain Ducasse selalu mencari inspirasi dari berbagai tempat untuk menu makanan yang akan disajikan di restorannya. Bulan lalu, Alain pergi ke Brazil untuk mencicipi biji cocoa yang baru ditemukan. Tak berhenti sampai di situ, chef yang memiliki banyak restoran mewah ini baru saja pulang dari Jepang. Iapun menikmati makanan enak di Kyoto.

Di Kyoto ia mencicipi berbagai sajian tradisional Jepang termasuk sushi. "Ada keserasian yang lengkap antara suhu dan tekstur nasi, ketebalan ikan dan kemahiran master sushi,' demikian komentarnya seperti dilansir oleh Forbes (18/10).

Dari pengalamannya tersebut maka tak heran di setiap restoran yang dimilikinya selalu menawarkan hidangan yang lezat. Seperti di Plaza Plaza-Athénée, Paris yang memiliki 3 bintang Michelin menyajikan hidangan berupa sayuran, biji-bijian, dengan wine terbaik.

Alain Ducasse Buka Restoran Dalam Kapal Pesiar Terbesar di DuniaFoto: Istimewa
Sangat berbeda dengan Allard, bistro yang didirikan pada tahun 1932 silam. Di sini lebih fokus pada tradisi borjuis Prancis.
Kabarnya, proses pembangunan restoran mewah berupa kapal ini dilakukan selama lima tahun.

Menariknya, kapal pesiar yang dipakai untuk restoran ini merupakan yang terbesar di dunia. Desain restoran ini dirancang oleh arsitek Angkatan Laut, Gérard Ronzatti. Mulai dari taplak meja bersulam terinspirasi oleh gaya renda Renaissance, hingga peralatan makan mengingatkan kita pada kapal transatlantik masa lalu.

Jika dilihat dari ketinggian restoran ini terlihat menyerpai piring terbang lonjong yang mewah mengapung di atas air.

Untuk hidangannya akan disiapkan oleh Head Chef, Francus Fauvel dan 36 chef lainnya. Mereka akan menyajikan hidangan seperti Sea Bream Gravlax, Guinea Hen, Duck Foice Gras Presse dan masih banyak lagi. Harga yang akan ditawarkan berkisar Rp. 1 juta hingga Rp. 8 juta per orang.

Alain Ducasse Buka Restoran Dalam Kapal Pesiar Terbesar di DuniaFoto: Istimewa
'Rasanya seperti mengapung di atas daun di sungai Seine. Karena kapal ini transparan dan elektrik, pengalamannya akan benar-benar berbeda,' ungkap Alain menggambarkan restoran mewahnya.

Saat kapal ini bersandar di Quai Debilly di seberang menara Eiffel setelah jam 16 sore pengunjung bisa menikmati segelas champagne atau white wine. Ditemani sajian small bites di atas dek, dengan harga 36 uero atau Rp 621.000 per orang.

Baca juga : Intip Cantiknya Interior 8 Restoran Michelin di Hotel Mewah Dunia




Tonton juga 'Nikmatnya Makanan Khas Kanton yang Legendaris di Gondangdia':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)