Seafood Indonesia Paling Enak

Kenyal Gurih Kerang Bambu hingga Simping yang Jadi Favorit

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 29 Okt 2018 14:17 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Selain ikan dan udang, kerang jadi menu primadona resto seafood. Ada kerang dara, bambu hingga simping yang populer.

Pencinta seafood biasanya juga memburu kerang saat bersantap. Kerang rebus enak dicocol saus sambal atau saus asam manis. Bisa juga dijadikan lauk saat ditumis bersama bumbu saus Padang atau bumbu pedas manis. Berikut jenis-jenis kerang populer di Indonesia.

Baca Juga: Agar Terhindar dari Keracunan Perhatikan 4 Hal Ini Saat Mengolah Kerang

1. Kerang dara

Kenyal Gurih Kerang Bambu hingga Simping yang Jadi FavoritFoto: iStock

Kerang dara atau kerang darah adalah jenis yang paling mudah ditemui di pasaran. Disebut darah karena kerang ini mengandung cairan hemoglobin pada jaringan lunaknya.

Ciri khasnya, cangkang kerang dara berwarna putih keabuan dengan pola bergaris. Jenis kerang ini mudah ditemui di Teluk Pasifik. Kerang dara enak direbus dan disajikan bersama cocolan saus sambal atau sambal kacang.

2. Kerang hijau

Kenyal Gurih Kerang Bambu hingga Simping yang Jadi FavoritFoto: iStock

Sesuai namanya, kerang ini mudah dikenali dengan cangkang berwarna hijau. Bentuknya pipih memanjang dengan permukaan mulus. Kerang hijau punya nama lain di beberapa daerah di Indonesia. Seperti kedaung di Banten dan kerang kijing di Jakarta.

Bersama kerang dara, kerang hijau adalah jenis yang paling banyak disajikan di rumah makan seafood dengan cara direbus atau ditumis. Namun konsumsi kerang hijau patut diwaspadai karena sifatnya yang menyaring beragam polutan seperti timbal, kadmium dan tembaga.

3. Kerang bambu

Kenyal Gurih Kerang Bambu hingga Simping yang Jadi FavoritFoto: iStock

Jenis kerang ini unik karena tampilannya beda dari yang lain. Cangkangnya panjang, persis bambu dengan panjang sekitar ibu jari orang dewasa. Kerang bambu punya daging yang kenyal manis mirip udang.

Kerang bambu banyak ditemui di perairan Madura. Juga diolah jadi sajian khas bernama lorjuk. Kerang bambu paling enak dimasak dengan beragam bumbu seperti tauco pedas atau saus Padang.

4. Kerang simping

Kenyal Gurih Kerang Bambu hingga Simping yang Jadi FavoritFoto: iStock

Bentuk cangkangnya pipih dengan warna putih kecokelatan, inilah kerang simping yang cantik. Nama lainnya serimping atau serumping. Kerang ini disebut-sebut jenis teraman untuk dimakan dalam keadaan mentah.

Daging kerang simping lebih kenyal dan padat. Selain diolah seperti kerang lainnya, kerang simping banyak diolah jadi kerupuk di Gresik. Namanya keripik simping dengan kandungan protein yang tinggi.

5. Kerang bulu

Kenyal Gurih Kerang Bambu hingga Simping yang Jadi FavoritFoto: iStock

Mirip kerang dara, kerang bulu juga melimpah di Indonesia. Ciri khasnya ada pada bulu-bulu hitam kecil di cangkangnya. Kerang bulu banyak diolah dengan cara direbus, dimasak balado, saus Padang atau disup.

Soal nilai gizi, kerang bulu tinggi kandungan asam amino glutamat, asam lemak omega 3, dan omega 6. Banyak orang merekomendasikan memasak kerang bulu dengan campuran irisan jahe guna menyingkirkan bau amisnya.

6. Kerang macan

Kenyal Gurih Kerang Bambu hingga Simping yang Jadi FavoritFoto: iStock

Kerang yang ini mudah dikenali karena motifnya loreng persis macan. Kerang atau keong macan mudah ditemui di perairan Indonesia seperti di Pantai Utara dan Selatan Jawa.

Kerang macan enak diolah layaknya jenis kerang lainnya. Kalau mau beda, bisa merebusnya dengan bumbu kuning agar rasanya gurih enak. Kerang macan Indonesia kabarnya banyak diekspor ke luar negeri.

Baca Juga: Agar Empuk Gurih, Rebus Kerang dengan Cara Ini

(adr/odi)