Atasi Limbah Makanan, Perusahaan Ini Jual Sayur dan Buah Cacat dengan Harga Murah

Riska Fitria - detikFood Senin, 29 Okt 2018 10:22 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Sayuran dan buah-buahan dengan bentuk cacat tak laku dijual dan sering berakhir jadi limbah. Tetapi perusahaan ini khusus jual sayuran dan buah cacat.

Menumpuknya limbah makanan menjadi masalah serius di dunia. Salah satu penyebabnya, karena adanya buah dan sayuran cacat yang tak disukai orang.

Perusahaan 'Imperfect' berencana menjual sayuran dan buah cacat itu guna mengurangi limbah pada makanan.
"Ada begitu banyak makanan yang sia-sia, kami ingin Imperfect menjadi kendaraan untuk membawa semua produk itu kepada orang-orang sehingga mereka dapat menghemat yang belanjaan mereka setiap minggu," ujar Ben Simon selaku co-founder dan CEO Imperfect.

Atasi Limbah Makanan, Perusahaan Ini Jual Sayur dan Buah Cacat dengan Harga MurahFoto: Istimewa
Baca juga : Kurangi Limbah Makanan, Supermarket di Inggris Jual Sayur dan Buah Cacat

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Imperfect pada Rabu lalu. Kabarnya mereka akan melalukan kampanye bahwa sayuran dan buah cacat sangat layak untuk dikonsusmi/ Seperti wortel yang bentuknya bengkok, mentimun yang melengkung, bit yang benjol, apel yang berukuran kecil dan lain sebagainya.

'Imperfect' mengambil produk tersebut langsung dari petaninya dengan harga 50% dibawah biasa mereka menjual ke pasaran. Karena biasanya petani langsung membuang produk cacat tersebut lantaran tidak masuk standar estetika dari supermarket.

Atasi Limbah Makanan, Perusahaan Ini Jual Sayur dan Buah Cacat dengan Harga MurahFoto: Istimewa
Dilansir dari Moneyish (24/10) Imperfect juga akan menjualkan langsung ke konsumen dengan harga 30% lebih murah dibandingkan harga pasaran.
Untuk memudahkan pelanggannya, Imperfect beroperasi dengan layanan berlangganan.

Pelanggan bisa memasukkan kode pos mereka untuk mengecek apakah Imperfect tersedia di daerah mereka. Kemudian mereka bisa memilih ukuran sayuran atau buah yang akan di beli. Dengan ukuran di bawah 4 kg dibandrol dengan harga kisaran Rp. 167.000, seharga Rp. 197.000 untuk ukuran yang esktra besar dan Rp. 410.000 untuk ukuran 11 kg. Imperfect juga memudahkan dalam proses pengiriman dengan frekuensi pengiriman sesuai keinginan pelanggan.

Atasi Limbah Makanan, Perusahaan Ini Jual Sayur dan Buah Cacat dengan Harga MurahFoto: Istimewa
Ternyata terdapat 63 juta ton makanan yang terbuang sia-sia hingga menghabiskan biaya yang tak sedikit setiap tahunnya, seperti yang dikatakan oleh National Resources Defense Councill dan ReFED. Di Amerika saja rata-rata menghabiskan sekitar Rp. 33 juta per rumah tangga untuk makanan yang terbuang setiap tahunnya.

Sebelumnya, gerakaan mengurangi limbah makanan ini pernah dicanangkan oleh mendiang Anthony Bourdain pada 2017 silam. Dengan munculnya Imperfect sejak 2015 ini diharapkan bisa meneruskan gerakan ini.

Simon juga berniat untuk membuka toko kelontong khusus menjual sayuran dan buah cacat dengan harga yang lebih murah. Selain di San Fransisco, kini Imperfect juga sudah berkembang di seluruh kota seperti Los Angeles, Chicago, Portland, Seattle dan Austin. Juga telah bermitra dengan 150 peternakan di seluruh negeri.

Baca juga : Kurangi Limbah, Supermarket di Prancis Promosikan Sayur dan Buah Cacat




Tonton juga 'Kenali Manfaat Berbagai Buah-buahan':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)