Limbah Makanan

Kurangi Limbah Makanan, Supermarket di Inggris Jual Sayur dan Buah Cacat

- detikFood Senin, 23 Jun 2014 16:53 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Sayur dan buah disebut-sebut sebagai penyebab limbah makanan terbanyak. Cuaca yang buruk dapat menghasilkan buah atau sayuran yang kurang baik. Untuk mengurangi limbah makanan supermarket Waitrose akan menjual buah dan sayur cacat.

Selain menjual buah-buahan yang segar dan mulus, Waitrose juga akan menjual buah-buahan yang cacat. The Royal Gala, Cripps Pink, Braeburn dan Cox merupakan beberapa varietas apel dari Waitrose Foundation Farms. Sebuah yayasan di Afrika Selatan, Kenya dan Ghana. Di daerah itu dilanda cuaca buruk karena curah hujan awal tahun. Akibatnya 70 persen dari beberapa varietas apel mengalami kerusakan atau tampilan yang jelek.

Sebagian besar apel berasal dari bagian Afrika Selatan Cape West. Daerah tersebut sedang mengalami hujan deras dan banjir yang menyebabkan pertanian penduduk mengalami keugian hingga mencapai 28 persen.

"Kami senang dapat mendukung tidak hanya petani sendiri di Inggris tetapi juga para pemasok luar negeri yang terpukul dengan keadaan cuaca yang tidak menentu," tutur salah satu pembeli Apple Greg Sehringer.

Pieter Graaf merupakan seorang petani apel yang sekitar 75 persen dari buah yang dipanen mengalami kerusakan dapat menjualnya ke Waitrose. Padahal biasanya buah tersebut tidak laku dijual dan hanya terbuang sia-sia.

Menurut laporan Waste and Action Resources Programme Report bulan November, tomat dan alpukat merupakan salah satu makanan segar yang paling sering jadi limbah makanan dan berkontribusi terhadap 4,2 juta ton limbah makanan setiap tahunnya.

Sebelumnya, National Farmers Union mengatakan hampir 300.000 ton buah cacat dan sayuran dijual ke toko di Inggris setiap tahunnya. Sebagai perbandingan, Tesco menghasilkan limbah makanan yang hampir sama jumlahnya dari total limbah makanan dalam enam bulan pertama tahun 2013 yaitu sekitar 21 persen adalah buah dan sayuran.

Dengan adanya penjualan sayur dan buah yang cacat di berbagai supermarket maka dapat mengurangi limbah makanan terutama sayur dan buah.

Tak perlu ragu membeli sayur dan buah yang cacat. Walaupun tampilannya tidak sesempurna buah lainnya akan tetapi rasanya masih enak. Salah satu cara agar masyarakat membelinya, dengan menjualnya dengan harga yang lebih murah.



(lus/odi)