Seafood Indonesia Paling Enak

Huaaah! Pedas Segar 5 Sambal untuk Cocolan Ikan Bakar

Devi Setya - detikFood Jumat, 26 Okt 2018 14:45 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kelezatan ikan bakar memang tergantung kesegarannya. Tapi akan semakin nikmat lagi kalau dimakan bersama sambal coocolan yang pedas segar. Huaah!

Di Indonesia memang sangat banyak jenis sambal yang punya rasa enak tapi tidak semuanya cocok dijadikan pelengkap ikan bakar. Nah, berikut ini adalah rekomendasi 5 jenis sambal yang pedasnya nendang dan cocok jadi cocolan ikan bakar.

Ada sambal terasi yang pedas gurih, sambal kecap yang pedas manis atau bisa pilih sambal limau yang pedas asam. Jangan lupa santap bersama sepiring nasi putih.

1. Sambal Terasi
Huaaah! Pedas Segar 5 Sambal untuk Cocolan Ikan Bakar Foto: iStock
Sambal yang satu ini memang cocok disandingkan dengan berbagai makanan, termasuk ikan bakar. Sambal yang terbuat dari campuran cabai, bawang merah, bawang putih, tomat dan terasi bakar ini dijamin bikin ikan bakar semakin mantap.

Supaya teksturnya halus, cabai, bawang dan tomat bisa direbus dulu hingga lunak. Sambal terasi punya rasa yang pedasnya tidak menyengat namun ada semburat rasa gurih khas terasi yang bikin makanan makin nikmat.

Baca juga : Begini Caranya Bikin Sambal Terasi yang Sedap

2. Sambal Dabu-dabu
Sambal yang satu ini populer di Manado dan biasa dijadikan cocolan ikan bakar. Tidak seperti sambal lain yang diuleg halus, sambal dabu-dabu hanya diiris saja.

Campurannya ada cabai rawit, cabai merah keriting, tomat dan irisan bawang merah. Simpel tapi rasanya pedas segar. Apalagi sambal dabu-dabu biasa ditambahkan air perasan lemon cui yang asam kecut.

Daging ikan yang bertekstur lembut sangat pas dimakan dengan sambal dabu-dabu. Kalau mau makin meresap, sambal dabu-dabu juga bisa diguyur pada daging ikan.

3. Sambal Nanas
Huaaah! Pedas Segar 5 Sambal untuk Cocolan Ikan Bakar Foto: Istimewa

Sesuai dengan namanya, sambal ini diberi campuran potongan nanas. Buah nanas yang dicampur pada sambal ini menghasilkan sensasi rasa pedas manis yang segar.

Untuk membuat sambal nanas, dibutuhkan cabai merah, bawang merah dan bawang putih. Semua bahan kemudian dihaluskan lalu dicampur irisan nanas. Tingkat rasa asam manis pada sambal tergantung kematangan nanas yang digunakan.

Tak hanya buat ikan bakar, sambal nanas juga bisa jadi cocolan seafood bakar lainnya. Coba saja nikmati dengan udang bakar yang gurih sedap.

4. Sambal Kecap
Huaaah! Pedas Segar 5 Sambal untuk Cocolan Ikan Bakar Foto: dok. detikFood

Manis gurih kecap bisa juga jadi sambal pelengkap ikan bakar. Apalagi sambal kecap bisa dibuat dengan mudah dan praktis.

Cukup tambahkan irisan cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan tomat pada kecap. Aduk rata dan siap dihidangkan. Sambal kecap juga cocok buat orang yang tak terlalu suka rasa pedas.

Baca juga : Sambal Cakalang hingga Teri yang Cocok Dimakan dengan Nasi Hangat

5. Sambal Korek
Huaaah! Pedas Segar 5 Sambal untuk Cocolan Ikan Bakar Foto: iStock/Detikfood

Buat yang suka makan pedas, sambal korek bisa jadi pilihan untuk disandingkan dengan ikan bakar. Untuk membuat sambak korek cukup siapkan cabai merah, bawang merah dan bawang putih.

Semua bahan ini diuleg kasar lalu diguyur dengan minyak panas hingga sambal jadi layu. Makan ikan bakar pakai sambal korek dijamin bikin keringat bercucuran.




Tonton juga 'Puas Makan Nasi Ayam Taliwang dan Ikan Bakar Jimbaran':

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)